Cegah Penyebaran Covid-19 di Pengungsian, Para Relawan Jalani Rapid Test

BNews—MERTOYUDAN—Sejumlah relawan yang bertugas di lokasi pengungsian Deyangan, Mertoyudan, Kabupaten Magelang menjalani rapid test, pada Kamis (12/11/2020). Langkah ini untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pantauan Borobudurnews di lokasi, para relawan secara bergantian masuk ke dalam posko kesehatan. Setelah itu, satu persatu menjalani rapid test.

”Rapid ini ya untuk mengamankan bersama. Kondisi kesehatan tidak hanya pengungsi yang kita amankan namun juga para pendukungnya. Relawan-relawan itu kita harapkan aman semua,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti, Kamis (12/11/2020) di lokasi pengungsian Deyangan.

Sementara dari hasil rapid test yang telah dilaksanakan kepada para pengungsi beberapa waktu lalu, Dinkes Kabupaten Magelang mendapati sembilan orang reaktif. Retno menyebut bahwa tujuh diantaranya hasil swab sudah keluar. Sementara dua lainnya masih menunggu hasil swab keluar.

”Tujuh itu hasil swabnya negatif. Kita masih menunggu hasil dari dua kasus yang ada. Dua yang bersangkutan masih di rumah sakit Merah Putih,” jelas Retno.

Selain melakukan rapid test kepada relawan, Dinas Kesehatan juga memberikan bantuan bagi pengungsi. Antara lain masker, multivitamin, makanan tambahan dan edukasi kepada pengungsi agar tetap merasa aman serta nyaman di lokasi pengungsian.

”Kesehatan khususnya untuk balita di lokasi pengungsian ini sangat penting. Jadi harus kita upayakan tetap sehat dan  bisa tumbuh seperti kalau tidak di pengungsian,” pungkasnya. (mta)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: