Cemberut Lihat Postingan Instagram Orang Lain, Anda Terkena ini

BNews–TEKNO– Kalian para pengguna sosial media Instagram terkadang sering merasakan hal satu ini. Terkadang pernah merasakan gelombang kecemasan setelah scrolling postingan di Instagram kalian.

Kondisi seperti itu disebut Instagramxiety, yakni merupakan kondisi nyata yang membuat seseorang merasa kelelahan, stres, iri, sedih dan membenci diri sendiri. Hal itu terjadi setelah melihat unggahan orang lain di Instagram.

Mungkin saat melihat foto-foto menarik dari para selebritis, blogger, influencer, keluarga dan teman bisa mengarahkan kita pada rasa rendah diri.

Sulit untuk tidak membandingkan kehidupan diri sendiri dan orang lain melalui unggahan yang mereka bagi. Satu foto saja cukup untuk membuat suasana hati memburuk.

“Kedengarannya sulit untuk mengalihkan diri dari Instagram. Namun, ini serius, Instagram bisa memengaruhi suasana hati saya setiap hari,” kata Jenny Stallard, jurnalis, editor, dan pengarang buku.

“Satu foto saja cukup untuk mengubah wajah tersenyum saya menjadi cemberut,” tambahnya.

Trik untuk menyelamatkan diri dari kejamnya dunia media sosial adalah dengan menemukan cara mengatasinya. Cobalah untuk unfollow akun yang membuat kita merasa cemas.

Lalu, ikuti Instagram yang membuat kita tertawa. Atau, hindari membuka Instagram saat suasana hati sedang buruk.

“Bukan berarti harus melarikan diri dari Instagram, tapi cukup dengan lebih selektif memilih akun yang akan terlihat di linimasa kita. Saya biasanya berhenti mengikuti akun yang membuat diri sendiri merasa buruk,” saran Jenny.

“Jika ingin, saya bisa follow lagi. Namun, saya rasa, hidup akan lebih mudah jika tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan unggahan orang lain. Lebih bagus juga untuk kesehatan mental,” pungkasnya. (*/bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: