Curi Kotak Amal Di 20 Tempat, Pemuda Berinisial “M” Diamankan Polisi

BNews–JATENG– Akhirnya petugas Kepolisi menangkap pemuda inisial M, 20, warga Karanganom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Pemuda tersebut pelaku pembobolan kotak amal puluhan masjid.

“Memang kita dapatkan satu laporan. Tapi pengakuan tersangka sendiri yang saat ini masih kami kembangkan ada 20-an TKP, di mana pelaku melakukan aksinya,” kata Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Guruh Bagus Eddy Suryana (28/10/2021)

Guruh menjelaskan, sebelumnya polisi menerima laporan adanya pencurian uang kotak amal di sejumlah masjid. Polisi kemudian melakukan penyelidikan.

“Kita mendapatkan banyak informasi pencurian kotak amal, kami melakukan penyelidikan. Pelaku diamankan di Gunungkidul,” sebutnya.

Polisi saat ini masih mencocokkan pengakuan M dengan TKP yang lain. Modus pelaku adalah memanfaatkan suasana masjid saat sepi.

“Modus pelaku beraksi saat suasana sepi. Biasanya dini hari, menjelang subuh,” jelasnya.

Jumlah uang kotak amal yang digondol pelaku bervariasi di tiap lokasi. Dari 20 TKP itu total mencapai sekitar Rp 8 juta.

“Masing-masing kerugian di TKP bervariasi tapi dari pengakuan tersangka dari 20 TKP itu kalau ditaksir kerugian sekitar Rp 8 juta lebih,” imbuh Guruh.

Polisi turut mengamankan barang bukti berupa kotak amal masjid yang dicongkel pelaku. Pelaku dijerat dengan Pasal 362 dan 364 KUHP.

Sementara itu M mengaku saat beraksi hanya seorang diri. Aksinya membobol kotak amal masjid itu mulai dilakukan belum lama.

“Saya baru-baru ini, sejak ada pandemi, saya sendirian, kurang lebih 20-an (TKP). Hasilnya buat kebutuhan sehari-hari,” kata M . (*/detik)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: