Curi Pompa Air, Residivis Dimassa Warga Hingga Pingsan

BNews—JOGJAKARTA— Seorang residivis berinisial SK alias Sumpel menjadi bulan-bulanan warga di dekat tumahnya di Ngamban, Bambanglipuro, Bantul, DI Jogjakarta. Ia dimassa karena berulang kali melakukan penipuan terhadap sejumlah warga dari Kulon Progo hingga Bantul.

Di Kulon Progo, Sumpel melakukan kejahatan dengan membawa kabur diesel pompa air di di wilayah Sumberejo, Jatirejo Lendah, Kulonprogo. Pelaku ditangkap setelah tiga hari dilaporkan ke polisi.

Kasubbag Humas Polres Kulonprogo, Iptu I Nengah Jeffry mengatakan, Sumpel ditangkap Selasa (5/1) setelah tiga hari diburu polisi. Menurut Jeffry, tindak pencurian itu dilakukan Sumpel pada 30 Desember 2020 lalu.

Jeffry menjelaskan, sekitar pukul 07.30WIB, Sumpel mendatangi saksi Jiman untuk mengambil diesel pompa air milik Tri Murjito, warga Jatirejo Lendah. Kepada Jiman, pelaku berdalih mengambil diesel atas perintah orang tua korban, Tri Murjito.

”Sumpel mengaku disuruh orang tua korban mengambil diesel untuk menguras sumur di daerah Bantul. Katanya sudah izin korban,” kata Jeffry, Rabu (6/12).

Lantaran merasa ragu dengan perkataan Sumpel, saksi Jiman berusaha melarang. Namun, pelaku tetap nekat membawa diesel tersebut. Setelah istri korban pulang, Jiman menyampaikan apa yang dilakukan Sumpel.

”Istri korban kemudian menghubungi korban. Ternyata, pengambilan diesel tersebut tanpa seizin korban,” imbuhnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Korban berusaha sabar dengan menunggu selama tiga hari. Namun setelah tiga hari, Sumpel tak kunjung mengembalikan diesel tersebut sehingga korban berinisiatif melaporkannya ke polisi, Sabtu (2/1).Atas kejadian itu, korban menderita kerugian sekitar Rp1,5 juta.

”Pelaku sudah berhasil ditangkap di Selo Sidomulyo Bantul dan hingga kini masih diperiksa polisi. Ia merupakan residivis pada 2015 di Polres Bantul. Informasi terakhir yang kami terima, tersangka masih dilarikan ke rumah sakit terdekat di Bantul dan akan di BAP di Bantul terlebih dahulu,” kata Jeffry.

Petugas Polsek Bambanglipuro pun membenarkan telah mengamankan Sumpel dari amukan massa. Ternyata, pelaku baru saja beraksi di dekat rumahnya di Dusun Selo Sidomulyo Bantul. Warga geram karena pelaku diketahui berulangkali melakukan aksi penipuan. 

Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibbulloh didampingi Kanit Reskrim Aiptu Purwanta mengatakan, sebelum dihajar massa, pelaku datang ke rumah Supriyanto warga Tulasan Bambanglipuro Bantul. Pagi itu pelaku meminjam pompa air dengan dalih untuk mengairi sawah.

Tanpa pikir panjang, Supriyanto memberikan pompa yang diminta pelaku. Setelah pompa pindah tangan, Supriyanto baru mendapat informasi jika dia kerap melakukan penipuan.

Kemudian korban datang ke rumah Sumpel untuk melihat pompa yang baru saja dipinjam. Ternyata pompa yang dipinjam tidak ada di rumah, sehingga korban berksimpulan informasi yang diterima jika dia sering menipu memang benar.

Kemudian warga dan korban mencari pelaku. Dia berhasil ditemukan di Dusun Selo Bambanglipuro.

Warga yang geram dengan ulah Sumpel langsung menghakimi hingga babak belur dan pingsan. Polisi berhasil menghalau massa agar tidak semakin liar dan membawanya ke rumah sakit. 

“Sekarang masih kami amankan di polsek, kasusnya masih dikembangkan. Karena sebelumnya banyak kasus dilakukan oleh pelaku, utamanya penggelapan sepeda motor,” pungkasnya. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: