Daftar Kecelakaan Pesawat Terbang Terburuk di Indonesia (1992-2021)

BNews—BOROBUDUR— Dunia penerbangan Indonesia dan dunia diselimuti duka mendalam usai sebuah pesawat komersil Sriwijaya Air SJ182 mengalami kecelakaan, Sabtu (9/1). Pesawat tujuan Jakarta-Pontianak yang mengangkut 50 penumpang dan 12 kru tersebut jatuh di perairan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Tragedi maskapai penerbangan Sriwijaya Air ini bukan kali pertama terjadi di Indonesia. Borobudur News mencatat, ada beberapa kecelakaan pesawat yang lebih buruk dengan jumlah korban jiwa lebih banyak.

Berikut Borobudur News rangkum daftar kecelakaan terburuk burung besi yang pernah terjadi di Indonesia, seperti dikutip akun TikTok @angingunung:

Mandala Airlines (24 Juli 1992): 70 Korban Jiwa

Pesawat Mandala Airlines penerbangan 660 menabrak Bukit Inahau saat akan mendarat di Bandar Udara Pattimura, Ambon. Seluruh penumpang dan awak pesawat yang berjumlah 70 orang tewas.

Garuda Indonesia (26 September 1997): 234 Korban Jiwa

Pesawat Garuda Indonesia penerbangan 152 jurusan Jakarta-Medan jatuh di desa Buah Nabar, Sumatera Utara. Seluruh penumpang dan awak pesawat yang berjumlah 234 orang tewas. Kecelakaan ini tercatat sebagai kecelakaan pesawat dengan jumlah korban jiwa terbanyak di Indonesia hingga saat ini.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Lion Air (30 November 2004): 26 Korban Jiwa

Pesawaat Lion Air penerbangan 538 yang berangkat dari Jakarta tergelincir saat mendarat di Bandara Adi Sumarmo, Surakarta. Dalam kecelakaan tersebut 26 penumpang tewas dan 142 lainnya mengalami luka-luka.

Mandala Airlines (5 September 2005): 141 Korban Jiwa

Pesawat Mandala Airlines penerbangan RI 091 gagal lepas landas dari Bandara Polonia, Medan. Pesawat yang dijadwalkan menuju Jakarta tersebut menerobos pagar bandara dan menabrak perumahan penduduk di Jl Jamin Ginting, Medan.

Sebanyak seratus penumpang pesawat tewas, hanya 17 yang selamat. Sementara korban dari masyarakat disebut 41 orang dinyatakan tewas.

Sukhoi Superjet 100 (10 Mei 2012): 45 Korban Jiwa

Pesawat dengan kode SSJ-10 menabrak Gunung Salak dalam penerbangan demonstrasi yang berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Seluruh penumpang dan kru pesawat berjumlah 45 orang meninggal dunia.

Adam Air (1 Januari 2007): 102 Korban Jiwa

Pesawat Adam Air penerbangan 574 jurusan Surabaya-Manado jatuh di Selat Makassar dan masuk ke kedalaman lebih dari 2 ribu meter. Sebanyak 102 penumpang dan awak pesawat tak terselamatkan.

Air Asia (28 Desember 2014): 162 Korban Jiwa

Pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan QZ8591 yang terbang dari Surabaya ke Singapura mengalami kecelakaan. Puing-puing pesawat dan tubuh manusia ditemukan dua hari berselang.

Sebanyak 162 penumpan dan awak pesawat dinyatakan tewas. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengumumkan hasil investigasi mengenai bagian rudder-travel-limiter pada bagian ekor pesawat rusak dan pilot menanggapinya dengan kesalahan fatal.

Lion Air (29 Oktober 2018): 189 Korban Jiwa

Pesawat Lion Air JT 610 yang berangkat dari Jakarta menuju Pangkan Pinang jatuh di area perairan Karawang, Jawa Barat. Sebanyak 189 orang penumpang tewas. (han)

@angingunung_

Semogan pada masa mendatang kejadian kecelakaan pesawat tidak terjadi lagi ##kecelakaanpesawat ##indonesia ##fyp ##sriwijayaair

♬ Ibu Pertiwi – Shandy & Gilang

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: