Daftar Nama Nama Bayi Unik Sesuai Bulan Hijriah

BNews–TIPS-– Pasangan orang tua yang hendak memiliki buah hati pasti sudah mempersiapkan segala hal. Termasuk nama bayi harus dipilih sebaik mungkin.

Sebab nama, akan melekat selamanya dan juga menjadi doa dari orang tua bagi anak tercinta.

Tak cuma itu, memberi anak nama yang baik dalam ajaran Islam juga merupakan kewajiban orang tua, Moms.

Hal ini bukan tanpa alasan. Kelak di hari akhir, semua manusia akan dipanggil dengan nama mereka masing-masing.

Itulah sebabnya, saat memilih nama bayi sebaiknya kita memilih nama yang Islami, penuh makna bahkan doa, indah dan enak didengar.

Soal inspirasi nama bayi Islami? Orang tua bisa mendapatkan inspirasi mana saja. Misalnya, dari bulan atau kalender Islam. Apalagi kita sedang memperingati Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah 1442 H.

Untuk memudahkan Anda, berikut Borobudurnews.com mencoba merangkum dari sumber kumparan. Terdapat beberapa nama bayi yang unik dan baik maknanya:

Nama Bayi Terinspirasi Bulan Hijriah
Ashr dan Asyura

Si kecil lahir di bulan Muharram? Pilihlah nama Ashr (عشر) untuk anak laki-laki atau Asyura (عاشوراء) untuk  anak perempuan. Asyura artinya “kesepuluh” dan Ashr  “sepuluh”.

Apa hubungannya dengan bulan Muharram? Muharram dianggap sebagai bulan yang sangat suci dalam Islam, terutama hari kesepuluh Muharram yang dikenal sebagai Asyura.

Pada 10 Muharram, Nabi Nuh diselamatkan Allah dan berhasil menajalankan perahunya, Nabi Ibrahim diselamatkan Allah dari pembakaran Raja Namrud, Nabi Ayub sembuh dari penyakitnya, Nabi Musa membelah laut merah, Nabi Yunus keluar dari perut paus dan Nabi Isa diangkat ke langit.  

Pada hari kesepuluh Muharram pula, Hazrat Husain RA, cucu tercinta Rasulullah SAW, mati syahid mati syahid untuk memperjuangkan Islam..

Reyah

Reyah ( رِيَاح) bisa jadi nama bayi yang unik dan baik untuk si kecil yang lahir di bulan Safar. Sebab Reyah merupakan kata yang berasal dari Alquran, artinya angin dan tenaga.  

Tahukah Anda, Moms, saat penanggalan Islam dibentuk, bulan Safar dilambangkan dengan desiran angin sesuai kondisi cuaca.  

Uniknya, nama ini bisa digunakan untuk anak laki-laki maupun perempuan. Anda juga bisa memberi variasi atau menambahkan nama ini, misalnya jadi Reyahdi, Reyahana atau Reyahni.

Rabiy  

Rabiul Awwal adalah bulan yang sangat bergengsi dalam Islam karena menandakan awal musim semi dan juga bulan kelahiran Nabi Muhammad (SAW). Bayi yang lahir di bulan ini bisa diberi nama panggilan Rabiy (رَبِيْع). Gemas, ya!

Sanie  

Bulan Rabiul Akhir disebut juga bulan Rabi Al Sani. Jadi pas bila bayi yang lahir di bulan ini diberi nama Sanie (ساني).

Dalam bahasa Arab, nama ini juga berarti “agung” atau “cemerlang”. Arti yang bagus kan, Moms?

Nama ini juga bisa diberikan pada anak yang lahir pada bulan Jumadil Akhir atau Jumada Al Akhirah.

Awwal dan Ula

Bulan Jumadil Awal disebut juga Jumada Al Awwal atau Jumada Al Ula). Anda bisa memilih nama Awwal untuk bayi laki-laki dan Ula untuk bayi perempuan yang lahir di bulan kelima kalender Islam ini.

Rajab  

Nama Rajab (رَجَب) tidak hanya bagus untuk anak yang lahir di bulan Rajab. Anak yang lahir di bulan lain juga boleh menyandangnya kok, Moms. Sebab, bulan ketujuh ini berasal dari bahasa Arab yang berarti “hebat” dan “luar biasa”. Bagus, ya!

Shaban

Si kecil lahir di bulan Sya’ban? Beri ia nama Shaban  (شَعْبَان). Nama ini pendek tapi keren untuk jadi nama panggilan, nama depan, nama tengah maupun nama belakang anak laki-laki.

Ramzah dan Rameez

Nama Ramzah (رَمْزَة) dan Rameez (رمیض) bisa dipilih untuk nama bayi yang lahir di bulan Ramadhan.  

Ramadhan (yang juga disebut Ramzan) adalah bulan yang sangat luar biasa  bagi umat Islam.

Ramzah berarti “tanda” atau “simbol”. Sementara Rameez berarti “dihormati”.  

Fitrah

Syawal diawali dengan hari Idul Fitri. Karena itu nama Fitrah (فِطْرة) cocok sekali diberikan pada bayi yang lahir di bulan ini.

Sakhra atau Sakhrah

Zulkaidah atau Dzul Qa‘dah adalah bulan suci Islam lainnya yang melarang perang dan mengacu pada gencatan senjata. Karena itu, nama Sakhrah (صخرة) tepat diberikan untuk bayi yang lahir di bulan ini. Artinya, “damai” dan “keamanan”.  

Tawaf

Tawaf (طَوَاف) bisa jadi nama bayi laki-laki atau perempuan yang lahir di bulan Zulhijah atau Dzul Ḥijjah, bulan ke-12 dalam kalender Islam.  Tak hanya akan mengingatkan pada ibadah yang sangat penting bagi umat Islam yang dilakukan di bulan Zulhijah, nama ini juga bisa jadi nama yang unik kan. (*/Lubis)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: