Darah Tinggi Karena Kebanyakan Makan Daging, ini Cara Mengatasinya

BNews–TIPS– Hampir di setiap rumah saat ini makan daging hasil qurban di Hari Raya Idul Adha. Dan banyak yang berdampak kepada tekanan darah tinggi atau membuat jadi tensi tinggi.

Kebanyakan mengkonsumsi daging memang membuat tekanan darah melonjak tinggi. Hal ini terjadi karena tidak ada batasan khusus saat mengonsumsi daging kurban, terutama daging kambing.

Namun jangan khawatir, tentu ada beberapa solusi untuk mencegah terjadinya kenaikan tekanan darah. Merangkum dari beberapa sumber, berikut tips mencegah naiknya tekanan darah:

Kurangi Asupan Garam

Saat ingin menurunkan tekanan darah, sangat penting bagi Anda untuk mengurangi asupan garam dalam kehidupan sehari-hari. Tubuh akan menahan cairan ketika Anda memiliki asupan garam yang berlebihan.

Kondisi ini dapat membuat kenaikan yang tajam kepada tekanan darah tubuh Anda. AHA menyarankan untuk membatasi asupan natrium antara 1.500 miligram (mg) dan 2.300 mg per hari untuk mencegah darah tinggi.

Diet DASH
Loading...

Dengan menjalankan dietary approach to stop hypertension (DASH), Anda dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 11 mm Hg sistolik. Jenis makanan yang dikonsumsi pada diet ini yakni buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Anda dapat juga mengonsumsi daging tanpa lemak, susu rendah lemak, ikan, hingga kacang-kacangan.

Kurangi Rokok

Tips selanjutnya yakni Anda harus mengurangi merokok karena di setiap batang rokok yang diisap dapat meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah dapat tetap tinggi dalam waktu lama jika Anda perokok berat.

Seorang perokok dan memiliki tekanan darah tinggi memiliki risiko lebih besar terkena serangan jantung hingga stroke yang berbahaya.

Aktif Bergerak

Untuk mengatasi tekanan darah tinggi lakukan olahraga selama 30 hingga 60 menit sehari. Hal ini dapat menurunkan tekanan darah. Kemudian aktivitas fisik yang berkelanjutan berguna untuk meningkatkan suasana hati, kekuatan, hingga keseimbangan seseorang.

Turunkan Berat Badan

Jika Anda memiliki berat badan yang tidak ideal, lebih baik lakukan program penurunan berat badan. Tekanan darah dan berat badan berjalan saling beriringan.

Jika Anda berhasil menurunkan berat badan 4,5 kilogram, dapat membantu menurunkan tekanan darah. Jangan lupa untuk mengukur lingkar pinggang, penting untuk mengendalikan tekanan darah.

Lakukan Aktivitas Luar Ruang

Selanjutnya cara menutunkan tekanan darah tinggi yakni lakukan aktivitas di luar ruangan supaya kulit Anda terkena sinar matahari. Sebuah penelitian pada 2014 menemukan bahwa saat kulit terkena sinar matahari terdapat reaksi kimia yang dapat membuat pembuluh darah melebar dan tekanan darah menurun.

Konsumsi Makanan Penurun Darah Tinggi

Anda juga wajib untuk memakan makanan penurun tekanan darah, yakni salah satunya buah pisang. Kandungan kalium yang tinggi pada pisang dapat menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi dalam tubuh penderita hipertensi, sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Selanjutnya, Anda disarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, kale, lobat hijau, sawi, dan lainya. Lebih baik lagi mengonsumsi sayur yang juga mengandung kalsium, karena berguna juga untuk menurunkan darah tinggi.

Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi oatmeal, ikan, yoghurt, susu skim, kentang, buah berry, dan buah bit. Beberapa makanan tersebut juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. (*/Lubis)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: