Demi Kesehatan, Wakil Walikota Magelang Ajak Para Lansia ke Posyandu

BNews—MAGELANG— Sekitar 35 lansia (lanjut usia) datang ke Posyandu Lansia untuk memeriksakan kesehatannya. Posyandu dilaksanakan di Jalan Dinosaurus Jambesari RW 11 Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Minggu (16/2).

Masyarakat dengan umur di atas 59 tahun atau masuk kategori lansia di cek tensi darahnya dan timbang berat badan oleh petugas kesehatan setempat. Setelah selesai pemeriksaan akan diberikan satu bungkus susu guna menjaga massa otot dan memperlambat pengeroposan tulang.

Menurut Ketua RW 11 Jambesari, Harjanta, kegiatan tersebut rutin digelar setiap satu bulan sekali yang biasanya dilakukan pada pekan ketiga. Selain pemeriksaan kesehatan juga ada penyuluhan menjaga kesehatan.

”Kegiatan Posyandu Lansia untuk menjaga kesehatan lansia juga mengindikasi jika ada lansia yang sakit,” paparnya.

IDOLA: Windari Agustina melayani lansia untuk wefie atau foto bersama.

Selain itu, Harjanta menyampaikan bahwa Posyandu Lansia di lingkungannya masih kekurangan alat pemeriksaan seperti alat pengecek kolesterol, gula darah dan asam urat. Hal tersebut, diakuinya sudah disampaikan kepada Wakil Walikota Windarti Agustina yang berkesempatan melihat langsung kegiatan tersebut.

”Sudah saya minta ke Ibu Windarti dan diterima baik oleh beliau, semoga bisa segera direalisasikan,” papar Harjanta.

Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina menyatakan untuk mengusahakan aspirasi warganya tersebut. Agar bisa terlaksana dan berguna untuk kelangsungan Posyandu Lansia di lingkungan tersebut.

”Beberapa hal terkait Posyandu Lansia di kampung Jambesari RW 11, nanti akan diupayakan,” tuturnya.

Ia mengharap untuk warga Lansia di lingkup kampung Jambesari RW 11 bisa rutin datang ke Posyandu Lansia. Agar bisa mendeteksi lebih awal jika ada penyakit-penyakit ataupun untuk mejaga kesehatan diri.

”Kalau sudah masuk ke lansia sebisa mungkin untuk purna tugas. Misalnya, sudah tidak bekerja yang membutuhkan fisik keras. Nah, ini juga sebagai PR untuk pemerintah bagaimana mengatasi (lansia), agar tetap terjaga kesehatannya,” pungkas Windarti kepada Borobudur News. (cr1/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: