Kuliner Legendaris Es Semanggi Magelang Dengan Segudang Cerita

BNews–MAGELANG-– Magelang menyuguhkan berbagai pilihan objek wisata serta kuliner yang wajib banget kamu coba saat mengunjungi kota ini. Ada banyak kuliner khas di Magelang, mulai dari makanan hingga minuman. Salah satu minuman khas Magelang adalah Es Semanggi yang tak kalah segar dengan es lainnya.

Es Semanggi menjadi primadona di kota sejuta bunga ini. Pasalnya, bukan hanya kesegaran yang dipamerkan, namun Es Semanggi memiliki banyak varian yang bisa bikin kamu ngiler.

Lokasi Depot Es Semanggi ini berada di Jl. Semarang – Yogyakarta No.367, Kramat Selatan, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah. Tempatnya yang strategis bisa kamu jumpai dengan mudah dan hanya dengan merogoh kocek mulai dari Rp 5.000 kamu bisa menikmati Es Semanggi.

“Pada tahun 60-an, Es Semanggi ini dijual pertama kali menggunakan gerobak dibawah pohon asem yang ada di depan kelenteng di pojokan alun-alun magelang. Kemudian usaha turun temurun ini diteruskan pada generasi ketiga ini. Cita rasanya pun masih sama dari dulu sampai sekarang,” ujar Penerus ketiga warung Es Semanggi dikutip brilio.net Jumat (9/12).

Nama Es Semanggi ini dulunya sebetulnya bukan dari pemiliknya, melainkan dari pembeli yang pada waktu itu mampir ke depotnya.

“Sini dulu nggak ada namanya. Sini ngasih nama Semanggi itu malah tentara yang dinas di Jakarta, terus ngomong kok nggak ada namanya, tak kasih nama Semanggi saja ya. Karena di Jakarta ada daerah Semanggi,” jelasnya.

Keunikan Depot Es Semanggi tidak hanya dari tempatnya yang legendaris, tapi juga sajiannya. Es ini disajikan dengan sirup homemade yang resepnya tidak berubah dari dulu hingga kini.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Menu es yang cukup beragam diantaranya es pleret, es coklat roti, es tape pleret, hingga es soda gembira. Harga satu gelasnya sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000 saja.

Es Semanggi yang sudah ada sejak 1960-an ini memiliki komposisi utama yaitu perpaduan antara santan, sirup beraneka rasa dan pleret.

Pleret merupakan campuran es berbahan baku tepung beras dan air yang dimasak dan dicetak bulat. Pleret memiliki rasa kenyal dan lembut di lidah, membuatnya digemari para pembeli.

Es Semanggi semakin lengkap didampingi aneka makanan ringan, seperti tahu bacem, gorengan hingga onde-onde. Jika kamu ingin mengunjungi depot Es Semanggi ini, dibuka mulai dari jam 10.00 WIB. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!