Segera Dibangun Sabo DAM Kali Tringsing Magelang, BBWSO Sarankan Padat Karya

BNews–MAGELANG– Sebuah sabo dam di salah satu sungai yang berhulu di Merapi akan dibangun. Hal ini diketahui adanya penandatanganan pembangunan sabo dam Kali Tringsing Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang (10/3/2021).

Seperti dilangsir dari laman http://sda.pu.go.id/, penandatanganan sendiri dilakukan di Kantor BBWS Serayu Opak. Hadir menyaksikan penandatanganan tersebut, Kepala BBWS Serayu Opak Dwi Purwantoro.

Dwi Purwantoro dalam sambutannya menegaskan agar pada tiga bulan awal pekerjaan, kontraktor menerapkan Program Padat Karya.

“Tiga bulan diawal pekerjaan agar menjalankan Program Padat Karya, dengan menyerap atau melibatkan  tenaga kerja lokal dari warga sekitar. Hal ini sebagai bentuk PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) yang dilakukan pemerintah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Dwi Purwantoro berpesan dalam pelaksanaan pekerjaan agar mengutamakan kualitas bangunan, menggunakan bahan baku yang baik. Serta tepat waktu dalam pengerjaannya.

Adapun empat paket yang ditandatangani yaitu : Paket Pekerjaan Pembangunan Sabo Dam Kali Trising TR-RRD1 Kabupaten Magelang (1 Paket);  Supervisi Pembanguan Pembangunan Sabo Dam Kali Trising TR-RRD1 Kabupaten Magelang (1 Lap).

Lalu Pembangunan Sabo Dam Kali Trising TR-RRD2 Kabupaten Magelang (1 Paket);  dan Supervisi Pembanguan Pembangunan Sabo Dam Kali Trising TR-RRD2 Kabupaten Magelang (1 Lap).

Hadir pula pada kegiatan tersebut Kepala Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK) Daerah Istimewa Yogyakarta Yanuar Munlait. Dirinya berharap pihak kontraktor dapat segera menyerap uang muka, membelanjakan anggaran, dan memulai pekerjaan di lapangan sehingga pemulihan ekonomi nasional bisa terwujud.

Sementara salah satu tokoh masyarakat Sengi, Wawan saat dihubungi Borobudurnews.com (11/3/2021), menyambut baik dengan pembangunan tersebut.

“Ya ikut senang karena perairan di pertanian warga pasti akan lebih terbantu. Terlebih lagi jika saat banjir lahar dingin merapi bisa mengamankan lokasi rawan,” katanya.

Ditanya terkait arahan BBWSO soal pengerjaan dengan padat karya, Wawan juga mengapresiasi hal tersebut.

“Jika memang benar besok saat pembangunan DAM Kali Tringsing melibatkan masyarakat dalam program padat karya tentunya sangat baik. Karena bisa membantu memberikan lapangan pekerjaan warga Sengi,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: