IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Divonis Ringan, Ratna Sarumpaet Ajukan Banding

BNews—NASIONAL— Masih ingat perempuan satu ini yang telah membuat hoax dan membuat geger masyarakat Indonesia pada akhir tahun 2018 lalu. Ratna Sarumpaet, perempuan ini mengaku pada 21 September 2018 lalu dikeroyok  sejumlah orang di kawasan Bandara Husein Sastranegara Bandung, dan kenyataan hoax belaka.

Siang kemarin (12/7), Ratna Sarumpaet divonis hukuman 2 tahun penjara setelah kasus penyebaran berita bohon atau hoax ke khalayak publik yang membuat situasi kampanye Pilpres 2019 memans saat itu. Dirinya dijatuhi hukuman oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan siang tadi.

Dalam hal ini Ratna Sarumpaet merasa tetap yakin perbuatannya bukan lah keonaran, dia mengaku sejak awal kasusnya adalah politik. “Jadi gini ya karena dia eksplisit menyatakan saya melanggar pasal keonaran itu buat saya menjadi signal bahwa Indonesia masih jauh, masih harus berjuang sekuat-kuatnya untuk menjadi negara hukum yang benar,” kata Ratna, usai divonis, di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Kamis (11/7).

“Kalau ada alasan lain mungkin saya lebih bisa menerima, tetapi karena di dalam logika dasar saya keonaran itu bukan seperti yang saya lakukan ya. Saya rasa memang seperti yang saya katakan di awal persidangan ini bahwa ini politik jadi saya sabar saja,” imbuhnya.

Loading...

Perlu diketahui bahwa vonis 2 tahun kurungan penjara kepada Ratna Sarumpet ini lebih ringan daripada tuntunta jaksa. Jaksa Penuntut umum pada persidangan kasus ini menuntut Ratna Sarumpaet mendapat hukuman penjara 6 tahun karena dinilai unsur keonaran tidak terbukti seperti dalam dakwaan JPU, namun pertimbangan hakim menyebut ada benih-benih keonaran.

Dalam sidang tersebut menyatakan terdakwa Ratna Sarumpaet terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana menyiarkan pemberitahuan bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran rakyat. “Akibat perbuatanya terdakwa dijatuhi hukuman penjara selama 2 tahun,” ujar hakim ketua Joni membacakan amar putusan dalam sidang vonis Ratna Sarumpaet.(Internet/Bn1/bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: