Donasi Panggung Kahanan Terkumpul Rp359 juta, Ganjar: Bisa Dimanfaatkan Para Seniman Jateng

BNews—SEMARANG—  Sejak acara Panggung Kahanan perdana digelar Minggu (10/5) hingga Jumat (15/5), donasi yang terkumpul mencapai Rp 359 juta. Donasi ini nantinya akan diberikan kepada para pelaku seni atau seniman di Jawa Tengah.

Jumlah sumbangan tersebut tentu sangat menggembirakan. Hal itu juga membuktikan betapa masyarakat sangat peduli terhadap para seniman.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menuturkan, donasi yang terkumpul bisa dimanfaatkan para seniman. Harapannya, juga menjadi pemicu sehingga kreatifitas mereka tidak tumpul ditengah pandemi covid-19.

”Mudah-mudahan Panggung Kahanan ini tetap mendorong seniman untuk berkarya. Makanya kita dorong untuk ada donasi agar teman-teman seniman tetap urip (hidup),” tutur Ganjar di sela-sela Panggung Kahanan edisi ke-6, kemarin (15/5).

Ganjar berpendapat, banyak pegiat seni maupun pelaku industri kreatif yang terkena dampak covid. Dari tidak bisa manggung sampai membatalkan jadwal yang telah tersusun jauh hari.

Sementara itu, pembawa acara Gelaran Panggung Kahanan #6 ’Mositifi Covid-19’ Sarju, menyampaikan total donasi sementara yang terkumpul hingga Jumat (15/5).

”Donasi hari ini sudah terkumpul Rp333 juta sekian sampai sore ini. Thank you,” kata Sarju.

Baca juga: Ganjar Ingin Physical Distancing di PT Djarum Diterapkan Perusahaan Lain

Hingga penghujung acara, donasi terus bertambah. Saat Panggung Kahanan keenam berakhir, donasi yang dikumpulkan di rekening Bank Jateng nomor 2032191919 atas nama Panggung Kahanan, tercatat sebesar Rp359 juta.

Dalam Panggung Kahanan #6, pertunjukan eksentrik disajikan para seniman. Dari tarian tradisi, jaz, bossanova, pembacaan puisi, hingga penampilan memukau band ternama asal Kota Semarang yang terbiasa membawakan lagu-lagu Slank, Candidath.

Untuk jaz dan bossanova dibawakan oleh Ari Kurniawan & Friends Wong Tani dari Temanggung dan Bank Jateng Band. Penampilan keduanya jadi memukau dengan iringan saksofon. Bahkan aksi saksofon dari Bank Jateng Band terlihat paling menonjol karena dimainkan langsung oleh Direktur Utama Supriyatno.

”Harapannya menghibur dan bisa memfasilitasi donasi. Para seniman ini banyak tidak bisa manggung. Ini kesempatan seniman. Seniman dalam kondisi sempit ini tetap berkarya,” pungkas Supriyatno.

Panggung Kahanan sendiri masih menyisakan tiga edisi dan akan berlangsung sampai Jumat pekan depan. Perhelatan juga bisa disimak pada tayangan livestreaming di kanal YouTube dan akun Facebook Ganjar Pranowo. (lhr/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: