Duh…Banyak Aset Pemkab Magelang Tak Tercatat

0
280

BNews–MUNGKID– DPRD Kabupaten Magelang menyoroti sejumlah aset milik Pemkab Magelang yang tidak tercatat. Bahkan, ada yang hilang tak diketahui rimbanya.

“Kita menilai sejauh ini belum tuntas dan belum ada penanganan khusus dariaparat fungsional pemeriksa dari Irjen, InspektoratProvinsi, Inspektorat Kabupaten, terlebih bagi Bendahara-bendahara barang,” kata Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Magelang M Sahid melalui pandangan umum fraksinya.

       Beberapa aset yang tidak terdata diantaranya, kendaraan, tanah, perlengkapan kantor. Juga beberapa barang lainnya yang tidak terdata di Pemkab Magelang.

Meski telah mendapat predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK, persoalan aset belum bisa dituntaskan Pemkab Magelang. Terutama barang milik Sekretariat Daerah, Dinkes, Disdikpora, Dishub, DPPKAD, Disdagsar, DPU dan ESDM, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan. Kemudian, Kelurahan Secang, Kelurahan Muntilan, Kelurahan Sumberrejo, Kelurahan Sawitan dan Kelurahan Mendut tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Untuk itu, Fraksi Gerindra menilai Pemerintah Daerah perlu melengkapi input data Aset Tetap secara akurat ke dalam aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aset. “Dan juga memverifikasi lebih lanjut Aset Lain-lain yang tidak ditemukan/diketahui barangnya dan salah catat dan memprosesnya sesuai dengan ketentuan,” papar dia.

Selain itu, lanjut Sahid, pihaknya menyoroti beralihnya OPD lama ke OPD baru dengan melihat LHP BPK atas Sistem Pengendalian Intern, bisa dikatakan bahwa masih terdapat permasalahan yang belum bisa terselesaikan OPD lama. “Akan tetapi, di OPD baru ada kendala terkait dengan kemampuan dan kebutuhan personil. Dalam hal ini, pihaknya belum melihat target sampai kapan OPD ini akan dimaksimalkan,” katanya. (bn1/bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here