Gerbang di Blondo, Pintu Masuk Kawasan Borobudur Akan Segera Dibangun

BNews—MAGELANG—Gerbang menuju Kawasan Candi Borobudur di Blondo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang akan segera dibangun. Gerbang itu rencananya dibangun dengan ikon Kalpataru.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengatakan, dengan adanya penetapan destinasi super prioritas di Kabupaten Magelang maka penataan akan dilaksanakan. Yakni salah satunya dengan pembangunan pintu gerbang di Blondo.

”Akan ada banyak penataan. Salah satunya kita akan menata pintu-pintu gerbang yang masuk di wilayah Kabupaten Magelang. Ada beberapa pintu yang akan dilakukan perbaikan. Salah satunya pintu Blondo,” tuturnya, Jumat (1/1/2021). Dikutip dari Tribunjogja.

Dia menjelaskan, pembangunan gerbang di Blondo tersebut akan memanfaatkan lahan di sekitar simpang tiga Blondo. Salah satu lahan yang akan digunakan adalah fasilitas sekolah dasar yakni SD Negeri Blondo 1.

”Pemkab Magelang berkomunikasi dengan pihak sekolah dan pemerintah desa. Terkait rencana pembangunan gerbang ini,” jelas dia.

Lebih lanjut, Zaenal menyampaikan bahwa para siswa dan segenap yang ada di sekolah, akan difasilitasi ke tempat lain. Sehingga kegiatan belajar mengajar dapat tetap dilaksanakan.

”Nanti akan ada penempatan bagi teman-teman yang sekolah di situ. Tetapi semua harapannya bisa berjalan semuanya. Jadi yang sekolah tetap bisa sekolah,” ujarnya.

Sementara anggaran untuk pembebasan lahan, kata Zaenal, anggaran tersebut akan dialokasikan oleh pemerintah pusat. Ia menyebut, bila menggunakan lahan pemda maka pihaknya akan bekerja sama.

“Kalau itu memakai tanah milik pemda, ya kita kerja bersama. Kalau itu pemdes ada penggantinya yang diberikan oleh pemerintah pusat. Memang beberapa pembebasan lahan yang ada di wilayah Borobudur kita mintakan ke pusat,” ujar dia.

“Karena daerah tidak punya cukup banyak uang. Salah satunya yang Mendut ke Borobudur, kita mintakan ke pemerintah pusat. Alhamdulillah memberikan. Untuk beli tanah karena sudah kehabisan uang,” tutupnya. (mta)

Kaos Deglang
2 Comments
  1. Abrori says

    untuk desa desa daerah muntilan yg terkena pembebasan lahan mana aja min?

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: