Duh,,, Belum Lama Dibangun, Trotoar Dan Jalan Lambat Di Mertoyudan Justru Terendam Air

BNews–MAGELANG-– Musim penghujang masih terus melanda di kawasan Kabupaten Magelang sampai pertengahan November 2021 ini. Selain longsor, sejumlah jalan terendam air.

Salahsatunya yang terjadi di  trotoar dan jalur lambat di Dusun Pangonan Desa Deyangan Kecamatan Mertoyudan yang terendam air cukup tinggi akibat curah hujan tinggi.

Namun, yang disesalkan warga adalah trotoar dan jalur lambat tersebut baru saja rampung pengerjaannya. Yakni dalam program pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur.

“Tempat ini sudah langganan banjir bila terjadi hujan deras. Harapan saya saat lokasi ini tersentuh program pembangunan KSPN khususnya trotoar dan jalur lambat, maka banjir bisa ditangani. Namun saat ini justru sebaliknya, dimana limpahan air lebih banyak dibanding dengan banjir sebelum perbaikan trotoar,” ucap salah satu warga setempat, Fathul Mujib, Kamis (23/11/2021).

Ketinggian air saat banjir melebihi tinggi trotoar, dengan panjang lebih kurang 10 meter. Tidak hanya itu luapan air juga menggenangi sebagian badan jalan raya, penghubung Sawitan dan Blondo.

“Kalau terjadi banjir jalur lambat tergenang seperti kolam, karena tinggi air lebih dari trotoar. Kebetulan rumah saya sebelah trotoar sehingg cukup bingung ketika ada banjir, karena tidak bisa keluar rumah dengan sepeda motor, khawatir mati mesin motor saya,” imbuhnya.

Mujib dan beberapa warga lainnya mengambil tindakan dengan membuka penutup selokan diatas trotoar agar air terbuang dan banjir surut.

“Air bisa berkurang saat penutup selokan dibuka. Harusnya saluran buang berada dibawah trotoar diperbesar sehingga ketinggian air tidak sampai naik keatas trotoar,” terangnya.

 Mujib juga  berharap hal tersebut bisa diperbaiki. “Mungkin dari pihak KSPN belum memberikan jawaban atas permasalahan tersebut. Namun kami tunggu responnya,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: