Duh…Hujan Deras Kemarin Sebabkan 14 Titik Tanah Longsor

BNews–MUNGKID– Hujan intensitas deras dalam sehari kemarin akibatkan beberapa titik longsor dan pohon tumbang di wilayah Magelang (25/12). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang mencatat 13 titik tanah longsor dan satu titik pohon tumbang di beberapa Kecamatan di Magelang.

BNews–MUNGKID– Hujan dengan intensitas tinggi, kemarin (25/12) mengakibatkan sejumlah bencana longsor. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang mencatat 13 titik tanah longsor dan satu titik pohon tumbang di beberapa Kecamatan di Magelang.

Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto mengatakan, bahwa 14 titik bencana tersebut tersebar di Kecamatan Salaman, Bandongan, Mungkid, Kaliangkrik, Tempuran dan Borobudur. “Dampaknya 7 bangunan mengalami rusak dan 5 bangunan terancam akibat longsor,” katanya pagi ini (26/12).

Advertisements


Untuk Pohon Tumbang terjadi Dusun Randu gunting Desa Blondo Kecamatan Mungkid sekitar pukul 16.30 wib. Akibatnya pohon sempat menutup sebagian akses jalan Soekarno – Hatta.


Pada pukul 18.45 WIB terjadi Tanah Longsor du Dusun Jamblang Desa Kaliabu Kecamatan salaman. Dan berdampak Menimpa warung milik Bambang, Menimpa juga sebuah pos ojek serta sempat menutup sebagian akses jalan Salaman – Wonosobo.

Pada pukul 17.00 WIB terjadi Tanah Longsor di Dusun Pungangan, Desa Ngargosoko Kecamatan Kaliangkrik. Akibatnya menutup sebagian akses jalan penghubung Desa Ngargosoko dengan Desa Munggangsari dan akan dilakukan penanganan pagi ini secara kerja bakti.

Pada pukul 19.30 WIB Tanah Longsor Dusun Gejiwan 07/02 Desa Krasak Kecamatan salaman. Sebuah Rumah rusak ringan milik Sutarman, 53 th, dimana tembok dapur jebol.

Pada jam yang sama pukul 19.00 WIB Tanah Longsor terjadi di Dusun Seneng RT 02 Desa Growong Kecamatan Tempuran. Tidak berdampak apapun namun kejadian ini mengancam 4 Rumah Warga yakni milik Subhan, 45, Mustofa, 73, Kamilan, 50 dan rumah milik Tukimin, 50.

Hari yang sama pukul 20.30 WIB Tanah Longsor terjadi di Dusun Kempon 02/03 Desa Sriwedari Kecamatan salaman . Hal ini Mengancam dinding samping rumah Ashuri,55.

Jam yang sama pada pukul 21.00 WIB terjadi Tanah Longsor di Dusun Jambean 02/01 Desa Sriwedari Kecamatan Salaman. Akibatnya menutup jalan penghubung desa sriwedari dan krasak.

Hal yang sama pada pukul 21.00 WIB juga terjadi Tanah Longsor Dusun Jambean 04/01 Desa Sriwedari Kecamatan Salaman di sisi berbeda. Akibatnya material longsor mengenai teras rumah milik Ramuji, 52.

Kejadian yang kesembilan yakni pada pukul 20.30 WIB Tanah Longsor terjadi di Dusun Kebonagung, Desa Kebonagung, Kecamatan Bandongan. Akibatnya material longsor Sempat menutup sebagian akses jalan Bandongan – Kaliangkrik, menutup saluran irigasi dan mengancam Tiang Listrik dan malam itu langsung dikondisikan.

Masih pada pukul 21.00 WIB terjadi Tanah Longsor di Dusun Kemloko 3 Desa Kenalan Kecamatan Borobudur. Dimana kejadian ini sempat menutup total akses jalan antar desa kenalan ke desa Majaksingi.

Pada pukul 18.00 WIB Tanah Longsor Dusun Jambean 04/01 Desa Sriwedari Kecamatan salaman. Akibatnya material longsor mengenai dinding rumah milik Sholikin, 30.

Dimalam yang sama pukul 20.15 WIB terjadi Tanah Longsor di Dusun Gombong 01/04, Desa Kembanglimus Kecamatan Borobudur. Material longsor mengenai rumah milik Kodrim/Munadi, 55 dimana dinding kamar rumah jebol.

Masih di kawasan Borobudur pada pukul 20.15 WIB terjadi Tanah Longsor Dusun Gombong 02/04, Desa Kembanglimus Kecamatan Borobudur. Akibatnya material longsor mengenai dinding warung milik Arifin, 40 dan Ramidi, 40.

Dan menjelang tengah malam pada pukul 23.59 WIB kembali Tanah Longsor terjadi di Dusun Dileman Desa Kalegen Kecamatan Bandongan. Akibatnya sempat menutup akses jalan Desa.

Edy menambahkan bahwa ada beberapa titik bencana tadi malam sudah langsung ditangani oleh tim gabungan BPBD, SAR, Relawan, TNI, Polri dan warga. “Untuk lainnya direncanakan akan dilaksanakan kerja bakti tanggal pagi ini,” tambahnya.

“Saya himbau kepada masyarakat khususnya yang tinggal di daerah rawan longsor untuk meningkatkan kewaspadaannya jika terjadi hujan intensitas tinggi dan durasi lama,” pungkasnya (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: