Dukung KSP Borobudur, Bantuan Sarana Hunian Pariwisata Diluncurkan

BNews—MUNTILAN— Program Kawasan Strategis Pariwisata Borobudur terus digenjot. Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat meluncurkan program sarana hunian pariwisata berupa Homestay Swadaya.

Program baru tersebut difasilitasi oleh Dirjen Penyediaan Perumahan dan difasilitasi oleh Anggota DPR RI Sujadi. Seluruh penerima bantuan telah diverifikasi dan diberikan sosialosasi.

Sosialisasi digelar di Warung Joglo Ndeso Muntilan, siang tadi (24/1/2020). Dihadiri oleh Anggota DPR RI Komisi V Sujadi, Ketua DPRD Kabupaten Magelang Saryan Adiyanto, Direktur Rumah Swadaya Jhoni Subrata, Kepala Dinas Permukiman Jateng Arif Sujatmiko.

Juga dihadiri para penerima bantuan dari tujuh desa di Kecamatan Borobudur dan Mungkid. “Progam ini adalah program baru yang pertama kali dilaksanakan di Borobudur untuk mendukung program super prioritas Candi Borobudur,” kata Sujadi.

Menurutnya, program bantuan ini akan diwujudkan dalam bentuk homestay. Sehingga, para penerima memang telah diverifikasi supaya siap menjadi pelaku wisata penginapan.

Sujadi berharap masyarakat penerima turut mensukseskan program Kawasan Srategis Pariwisata Borobudur yang akan segera digalakkan. “Bantuan ini beda dengan bantuan rumah swadaya yang diperuntukkan untuk warga kurang mampu,” katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Magelang Saryan Adiyanto menambahkan pihaknya menyambut baik berbagai program yang diluncurkan pemerintah pusat ke Kabupaten Magelang. Selaku wakil rakyat, dia mengaku akan memberikan support penuh.

Loading...

Menurutnya, tidak semua daerah diberikan kesempatan mendapatkan program super prioritas seperti Kabupaten Magelang. Sehingga, peluang ini wajib ditangkap dan dimaksimalkan untuk kepentingan masyarakat.

“Saya berharap bantuan ini dimanfaatkan betul untuk menangkap peluang Kunjungan Pariwisata Borobudur saat program super prioritas dilaksanakan,” katanya.

Selain bantuan ini, di tahun 2020 akan diluncurkan Rp 2,1 Triliun dari pusat untuk Kabupaten Magelang. Untuk pembangunan tiga gerbang masuk Borobudur. Kemudian pemindahan Pasar Sentra Kerajinan Borobudur.

Juga membangun infrastruktur pendukung kawasan Borobudur. “Saya mengharapkan masyarakat mendukung penuh program ini,” katanya.

Sementara itu, Direktur Rumah Swadaya Jhoni Subrata memberikan pedoman bagi para penerima. Mulai dari proses penyaluran bantuan hingga pelaksanaan program. (bn1/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: