Enam Menteri Diganti Presiden Jokowi Hari ini, Ini Daftarnya

BNews–NASIOAL– Presiden Joko Widodo atau Jokowi merombak (reshuffle) jajaran menteri di Kabinet Indonesia Maju pada hari ini, Selasa, 22 Desember 2020.

Ada beberapa wajah baru dalam Kabinet Indonesia Maju. Selain itu, beberapa menteri lama menempati posisi baru.

“Pada sore hari yang berbahagia ini, bersama Bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia Maju,” kata Jokowi.

1. Menteri Sosial: Tri Rismaharini atau Risma. Dimana mantan wali kota Surabaya ini sebelumnya juga digadang-gadang akan menjabawa sebagai Mensos baru.

Ia menggantikan posisi Menteri Sosial kosong sejak Juliari Batubara dicokok petugas KPK. Juliari tersangkut kasus dugaan korupsi bantuan sosial Covid-19.

2.Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Uno. Dirinya resmi menjabat Kemenparekraf menggantikan Whisnutama.

“Saya ingin mengenalkan tapi kita semua sudah tahu Bapak Sandiaga Salahudin Uno, beliau adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ketua Hipmi. Dan saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ucap Jokowi

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISNI)

3.Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin. Jokowi menunjuknya dimana saat ini Budi menduduki posisi sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Cukup mengejutkan karena ia tak memiliki latar belakang medis sama sekali.

4.Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas.  Joko Widodo (Jokowi) mengganti posisi Menteri Agama RI. Ketum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk menjadi Menteri Agama RI menggantikan Fachrul Razi.

5.Menteri Kelautan dan Perikanan: Sakti Wahyu Trenggono. Ia ditunjuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP). Sakti menggantikan Edhy Prabowo.

Sakti dulunya merupakan Wakil Menteri Pertahanan. Ia juga bekas bendahara TKN Jokowi di Pilpres 2019.

“Beliau Wakil Menteri Pertahanan akan diberikan tanggung jawab untuk jadi Menteri Kelautan dan Perikanan,” kata Jokowi saat pengumuman, Selasa (22/12/2020).

6.Menteri Perdagangan: Muhammad Lutfi. Ini bukan kali pertama Muhammad Lutfi jadi Menteri Perdagangan. Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat ini pernah menjadi Mendag pada zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Yang terakhir Bapak Muhammad Lutfi beliau sebelumnya pernah di Kepala BKPM, menteri perdagangan, kemudian duta besar Indonesia untuk Jepang. Terakhir duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat. Dan sekarang akan kita berikan tugas memimpin Kementerian Perdagangan,” kata Jokowi,

Pelantikan rencananya akan dilakukan besok Rabu (23/12/2020). Berikut daftar menteri baru yang ditunjuk Jokowi. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: