Fakta Dibalik Anak Anak Suku Buton Pemilik Mata Biru

BNews–NASIONAL– Pengidap Waardenburg Syndrome, yaitu kelainan genetik langka yang menyebabkan matanya menjadi biru. Tak ada keluhan terhadap penglihatannya hanya saja jika kelebihan cahaya akan mengeluarkan air mata.

Dibalik kekurangan itu, dia punya mata biru yang indah. Dan ternyata di Indonesia juga terdapat sekumpulan warga mengalami hal itu, yakni di Kabupaten Kendari Sulawesi Tenggara.

Namun, menurut beberapa info mata biru ini kerap di asumsikan sebagai faktor keturunan. Mengingat sejarah Suku Buton yang pernah disinggahi bangsa Eropa pada zamannya.

Entah apapun itu, mata biru ini sangatlah indah seperti kekurangan yang menjadi kelebihan. Dengan adanya mata biru ini kampung mereka kerap di kunjungi wisatawan yang penasaran akan mata biru mereka.

Tak heran banyak yang memotret bahkan menjadikan mereka sebagai model foto epic.

Suku Buton sendiri adalah suku bangsa yang menempati wilayah Sulawesi Tenggara tepatnya di Kepulauan Buton. Suku Buton juga dapat di temui dengan Jumlah yang Signifikan di Luar Sulawesi Tenggara Seperti di Maluku Utara, Kalimantan Timur, Maluku, dan Papua.

Seperti suku-suku di Sulawesi kebanyakan, suku Buton juga merupakan suku pelaut. Orang-orang Buton sejak lama merantau ke seluruh pelosok Nusantara dengan menggunakan perahu berukuran kecil yang hanya dapat menampung lima orang, hingga perahu besar yang dapat memuat barang sekitar 150 ton. (*/bsn)

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: