85 Sabo Dam Baru Bakal Dibangun di 15 Sungai yang Berhulu di Merapi

BNews—MAGELANG— Material di Gunung Merapi yang belum turun dipediksi masih sebanyak 70 juta meter kubik. Kondisi ini harus diwaspadai dengan pembangunan sabo dam penahan banjir lahar.

Material Gunung Merapi biasanya akan turun ke sungai-sungai yang jumlahnya ada lima belas. Tersebar di Klaten, Boyolali, Magelang dan Jogjakatrta.

“Sebenarnya sudah banyak dibangun baru dan rehabilitasi, tetapi untuk 85 sabo dam ini untuk menambah dari yang sudah ada, tersebar di sungai lereng Merapi. Karena memang masih dibutuhkan akan kami usulkan lagi ini, sedang dalam proses perencanaan,” ungkap Kabid Perencanaan dan Program BBWSSO Pramono.

BBWSSO sebelumnya telah menyelesaikan rehabilitasi dan rekonstruksi sabo dam Kali Woro berupa pembangunan 11 sabo dam di Klaten, Jawa Tengah pada 2016 hingga 2018. Selain di aliran Sungai Woro, rehabilitasi dan rekonstruksi sabo dam juga dilakukan di kawasan Sungai Gendol, Sleman pada 2016 hingga 2018.

Ahli Perencanaan BBWSSO Rr. Vicky Ariyanti menambahkan rencananya penambahan sabo dam baru itu sekaligus menargetkan agar sabo dam di semua titik sungai lereng Merapi memiliki daya tampung material hingga 70 juta meter kubik. Jika sebelumnya kemampuannya hanya sekitar 30 juta meter kubik, kemudian saat erupsi Merapi 2010 banyak yang rusak karena material yang meluncur sebanyak 140 juta meter kubik.

Kasi Pelaksanaan BBWSSO Shakti Rahadiansyah menyatakan perencanaan 85 titik sabo telah melalui kajian dengan menyesuaikan titik sabo dam lama yang sudah dibangun atau yang direhabilitasi. Pada pembangunan sebelumnya juga ada yang melibatkan pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA).

“Perencanaan 85 sabo dam itu tersebar di 15 sungai yang berhulu di Merapi,” katanya seperti dikutip harian jogja. (wan/jar)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: