Silaturahmi Kebangsaan Magelang Raya Sepakati Jaga NKRI

BNews–MAGELANG– Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) bersama NU dan Muhammadiyah Magelang Raya menggelar silaturahmi kebangsaan, malam ini.  Sejumlah tokoh pemerintahan, ulama dan perwakilan masyarakat sepakat untuk menjaga pilar NKRI.
Dalam kegiatan yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Magelang, hadir diantaranya Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, Wakil Bupati Magelang, HM Zaenal Arifin, Kapolres Magelang AKBP Hindarsono, Ketua DPRD Kabupaten Magelang Sariyan Adi Yanto, Ketua MUI kota dan Kabupaten Magelang, Ketua PC NU serta Muhammdiyah Magelang dan Kota Magelang. JUga hadir pejabat di Kota Magelang.
Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito dalam sambutannya mengatakan bahwa silaturahmi ni digelar untuk meningkatkan silaturahmi antar daerah. Sehingga, tidak ada sekat pemisah antara Kota dan  Kabupaten Magelang demi membicarakan keutuhan NKRI dan persatuan.
“Dan tujuan kita sama memajukan Magelang dalam bingkai NKRI pancasila UUD 1945 dan  kebinekaan,” kata Wali Kota.
Wakil Bupati Magelang HM Zaenal Arifin mewakili Bupati yang berhalangan hadir menyepakati hal itu. Menurutnya, saat ini perlu dilakukan gerakan bersama untuk menjunjung tinggi kerukunan dan keutuhan NKRI.
“Empat pilar kebangsaan adalah titipan yg harus kita jaga dan kita pertahankan,” kata dia.
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Magelang KH Afifudin Lc menambahkan menjaga ideologi bangsa dan NKRI merupakan kewajiban bagi semua masyarakat. Termasuk umat islam.
Kapolres Magelang AKBP Hendarsono menambahkan di Kota dan Kabupaten Magelang mayoritas masyarakat beraga muslim. Untuk itu, dia berharap umat mayoritas bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat minoritas.
Kapolres juga menghimbau supaya masyarakat tidak mudah mudah percaya hasutan. “Dan marilah pesan kepada sesupuh dan ulama bila ada kegiatan membawa keg agama untuk selalu menjaga islam yang benar benar Rahmatillil’alamin. NKRI harga mati,” katanya.
Acara diakiri dengan ikrat Komitmen  kebangsaan. “Kami berkomitmen  siap untuk memelihat kebinekaan serta menjaga  persatuan  dan kesatuan  bangsa dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia,” tutup Ketua DPRD Kabupaten Magelang Sariyan Adi Yanto. (bn1)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: