Fenomena Langka : Lima Gunung Berapi di Jawa Berstatus Waspada Berbarengan

BNews—NASIONAL— Lima gunung paling aktif di pulau jawa berada di level waspada secara bersamaan. Hal ini membuat pemerintah menyiapkan tambahan amunisi jika terjadi bencana.

Negara Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang banyak memiliki gunung api karena Indonesia dilewati oleh jalur Cincin Api Pasifik atau sering dikenal sebagai “Ring of Fire”.

Menurut Kepala Bidang Gunung Api Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Hendra Gunawan pihaknya mencatat lima gunung berstatus Waspada atau Level II.

Dalam penggolongan status aktivitas gunung api di Indonesia memiliki beberapa tingkatan aktivitas di antaranya yaitu:


Gunung Api – Level I (Normal)
Gunung Api – Level II (Waspada)
Gunung Api – Level III (Siaga)
Gunung Api – Level IV (Awas)

Gunung api di pulau Jawa dan sekitarnya yang berstatus Waspada (Level II) diantaranya: Gunung Anak Krakatau, Gunung Slamet, Gunung Merapi, Gunung Bromo, dan Gunung Semeru.


Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau adalah gunung api berbentuk pulau kecil, anggota dari kepulauan Krakatau, yang berposisi di antara Pulau Sertung di sisi baratnya dan Pulau Rakata Kecil atau Pulau Panjang di sisi timurnya.

Gunung Slamet

Gunung Slamet memiliki ketinggian 3.428 meter dpl adalah sebuah gunung berapi kerucut yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Slamet terletak di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah.

Gunung Merapi

Gunung Merapi memiliki ketinggianpuncak 2.930 mdpl, (per 2010) adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa. Ini juga merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia.

Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat. Ada Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara

Gunung Bromo

Gunung Bromo memiliki asal kata dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama dalam agama Hindu. Atau dalam bahasa Tengger dieja “Brama”, adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia.

Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten. Wilayah itu yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur.


Gunung Semeru

Semeru atau Gunung Meru adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia. Itu setelah Gunung Kerinci di Sumatra dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. (wan/her)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: