Duh, Dana Penanggulangan Virus Corona Tinggal Rp33 Miliar

BNews—JATENG— Dana penanggulangan virus korona di Salatiga dalam Belanja Tidak Terduga (BTT) tersisa Rp33 miliar. Jumlah itu berasal dari total anggaran yang disediakan Rp71 miliar.

Ketua DPRD Salatiga Dance Ishak Palit mengatakan anggaran itu jangan sampai menjadi Silpa (Sisa Lebih Penggunaan Anggaran). Sehingga harus digunakan sebaik-sebaiknya untuk penanganan covid-19 di Salatiga.

”Penggunaan dana BTT sudah ada acuannya dari Permendagri; yaitu untuk kesehatan, dampak sosial ekonomi dan jaring pengaman sosial selama pandemi,” kata Dancem Selasa (21/7).

Menurut ance, dana sisa ini masih digunakan untuk bantuan bulan pada Juli yang belum cair. Anggaran konsolidasi DKK yang selama ini banyak tidak dicover oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

”Misalnya ada pasien positif, tapi tidak dicover biayanya setelah masuk rumah sakit karena tidak bergejala. Ini yang jadi soal dengan kementerian. Akhirnya Pemkot Salatiga yang membayar biayanya,” terangnya.

Sementara berkiatan dengan APBD Perubahan 2019 yang diserahkan oleh Walikota Salatiga pada Selasa (21/7), Dance menyebutkan anggaran perubahan 2020. Yang akan disetujui Senin pekan depan (27/7) lebih banyak memunculkan anggaran yang sebelumnya di-off-kan (distop) karena pandemi covid-19.

”Pembangunan fisik harus berjalan agar ekonomi berputar. Kita berusaha pertumbuhan ekonomi naik. Salah satunya dengan pembangunan tersebut,” pungkasnya. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: