GAWAT… PMI Kota Magelang Krisis Stok Darah, Pendonor Turun 80 Persen

BNews—MAGELANG— Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Magelang mengalami krisis darah, Senin (23/3). Diduga, krisis darah yang terjadi sejak beberapa hari terakhir diakibatkan dampak social distancing selama masa pencegahan Covid-19.

Tidak tanggung-tanggung, penurunan pendonor darah turun hingga 80 persen. Padahal, permintaan darah setiap hari cukup tinggi.

”(Penurunan) ini terjadi karena ada pembatalan atau pengurungan niat oleh pendonor untuk datang ke kantor sesuai jadwalnya,” jelas Kepala UDD PMI Kota Magelang dr Bramantyo Angga Kesuma, Senin (23/3).

Menurut Bramantyo, sebelum pemberlakuan social distancing, PMI mampu memproduksi hingga 40 labu. Namun, saat ini pihaknya hanya mampu memproduksi kurang dari 10 labu perhari.

”Hasilnya sangat jauh dari target. Padahal permintaan darah perhari saat ini mencapai 30 sampai 40 labu sehingga kami tidak bisa memenuhi kebutuhan,” terangnya.

”Dan saat ini permintaan cito (kondisi sangat gawat) belum ada. Namun, permintaan darah non-cito selalu ada,” sambungnya.

Dr Bram menjelaskan, sebenarnya para pendonor tetap bisa melakukan donor darah rutin tanpa melanggar peraturan Pemerintah Kota Magelang soal kebijakan social distancing. Artinya, pendonor boleh keluar rumah dengan catatan ada keperluan penting atau mendesak.

”Di kantor kami sudah menyiapkan keamanan terkait pencegahan penyebaran Covid-19 bagi pendonor yang datang. Yakni dengan mengukur suhu badan dan pemberian hand sanitizer,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala ke perabotan, gagang pintu, kursi tunggu hingga alat tulis. Serta memodifikasi jarak kursi ruang tunggu sekitar satu meter. Termasuk tempat pengambilan darah diberi sela dengan satu buah kursi.

”Hal tersebut kami lakukan agar pendonor tetap bisa merasa aman untuk mendonorkan darahnya. Sebab, darah hanya bisa dihasilkan dari manusia dan tidak bisa diproduksi oleh pabrik. Jadi, tidak ada salahnya pendonor tetap datang sesuai jadwal atas nama misi kemanusiaan,” pungkasnya. (cr1/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: