IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Salaman Art Day Siap Mengggema dari Lereng Menoreh

BNews—SALAMAN— Gelar Seni dan Budaya lereng Menoreh akan digelar. Acara yang diadakan oleh Komunitas Lereng Menoreh (KLM) ini bertajuk “Salaman Art Day Ke-5” akan dilaksanakn di Desa Kaliabu Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang 17-18 Maret 2018 mendatang.

Ketua Panitia Untung Budi Santoso menerangkan bahwa rangkaian acara akan dimulai dengan opening ceremony pada Sabtu paginya dengan Kirab Budaya oleh siswa siswi MTs. Alhuda Kaliabu, TK ABA, Paud Permata Bunda,TK Aisyiyah, SMP Muhammadiyah, TK Pertiwi,SDN Kaliabu, Pondok Pesantren Mambaul Huda, MI Al Islam.”Nanti setelah kirab direncanakan akan dilakukan prosesi Pemotongan Tumpeng dan pertunjukan beraneka ragam pentas seni,” katanya kepada Borobudur News (15/3).

MERIAH : Persiapan Lokasi Pagelaran Salaman Art Day ke 5 di Lereng Menoreh kawasan Kaliabu Salaman (15/3)--(Foto--Istimewa)
MERIAH : Persiapan Lokasi Pagelaran Salaman Art Day ke 5 di Lereng Menoreh kawasan Kaliabu Salaman (15/3)–(Foto–Istimewa)

Untuk jenis kesenian sendiri yang akan dipentaskan setelah itu Seni Soreng Krido Mudo Budoyo, Gagak Ireng, Jatilan Madyo Budoyo, Tari Potorono, Rampaak Buto Julung Sungsang.”Acara akan berlangsung hingga malam harinya yakni pementasan Wayang Bocah, Oborogo, Topeng Ireng Putra Loreng, Lesbumi, dan Brondut Oblogowor,” imbuhnya.

Untuk hari kedua pada Minggu 18 Maret 2018 akan diawali pagi harinya dengan senam masal SMK Al-Huda Kaliabu dan Band Kaliabu, serta dilanjutkan dengan pementasan kesenianTunggara Sekar Muda, Turonggo Seto mudo, Gedruk Rekso Budoyo, Sanggar Jelantik Feat Langgeng Mudo Sari, Brodut Sinar Muda,Gedruk Kalamakara, Yekso Turonggo Putro Manunggal, dilanjutkan denga Pesta Obor, Pipit Art, dan Performance art oleh Gus Mansyur dari Bawang Ngadirejo Salaman. “Untuk malam terakhir acara akan ditampilkan Obros, Jodhokemil, Tari Sinwamira, Bulu Babi, Budooyo Mudo Manunggal,”paparnya.

Untung menambahkan, bahwa selama pagelaran dilaksanakan Juga digelar Bazar UMKM lereng Menoreh Kaliabu.”Kegiatan ini juga diharapkan dapat mengangkat potensi budaya dan ekonomi lokal di wilayah Salaman, yaitu dengan diselenggarakannya Bazar UMKM produk-produk lokal untuk dipasarkan di pagelaran tersebut,” tandasnya.

MERIAH : Persiapan Lokasi Pagelaran Salaman Art Day ke 5 di Lereng Menoreh kawasan Kaliabu Salaman (15/3)--(Foto--Istimewa)
MERIAH : Persiapan Lokasi Pagelaran Salaman Art Day ke 5 di Lereng Menoreh kawasan Kaliabu Salaman (15/3)–(Foto–Istimewa)
Loading...

Sementara salah satu tokoh pemuda Kaliabu, Fery Irawan menambahkan acara ini mengandung maksud untuk mempersatukan pemuda khususnya di wilayah kecamatan Salaman utuk melakukan kegiatan yang positif dan produktif sehingga diharapkan tidak akan ada lagi bentrok fisik antar pemuda yang masih kadang terjadi di Salaman, dengan saling bersilaturohmi dan berkomunikasi dalam kegiatan budaya .”Semua unsur kita masukan sesuai maksud tujuan kita dengan mengambil spirit perlawanan Pangeran Diponegoro yang bergerilya dan bermarkas di Goa Selarong di Bukit menoreh , Pagelaran ini bermaksud untuk mempersatukan kembali spirit agama , kebudayaan dan nasionalisme yang sudah mengakar, mendarah daging dalam kehidupan masyarakat Salaman pada khususnya untuk selalu siap menghadapi tantangan kebudayaan di era globalisasi ini,” katanya.

Direncanakan dalam kegiatan ini untuk mendukung Pilkada Berintegritas akan dilaksanakan penyerahan baleho dan spanduk anti money politik dari Panwaskab Magelang .”Hal ini juga guna menunjukan bahwa pemuda Salaman menolak segala bentuk dan upaya money politik dalam Pilkada 2018 ini,” pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: