Gempa Magnitudo 5,9 Mengguncang Pangandaran Minggu Pagi

BNews—MAGELANG—Gempa bumi berkekuatan 5,9 magnitudo mengguncang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada Minggu (25/10) sekitar pukul 07.56 WIB. Gempa yang berpusat di kedalaman laut sedalam 10 kilometer itu terasa sampai Magelang.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) kekuatan gempa dimutakhirkan menjadi 5,6 magnitudo. Informasi gempa ini diunggah oleh akun Twitter resmi BMKG, @infoBMKG dan menjadi ramai di media sosial.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan gempa berlokasi di 8.22 LS,107.87 BT atau sejauh 90 kilometer dari Kabupaten Pangandaran. Berdasarkan analisis, gempa yang terjadi termasuk gempa dangkal dengan kedalaman 10 kilometer dan tidak menimbulkan tsunami.

”Gempa terasa hingga berbagai daerah seperti Sukabumi, Tasikmalaya, Pangandaran, Kuningan, Garut, Cilacap, Kabupaten/ Kota Bandung, Kebumen, Tegal, Kutoarjo, Banyumas, Banjarnegara, Kulonprogo, Bantul, Gunung Kidul dan Jogjakarta,” kataDaryono, Minggu (25/10).

Gempa Pangandaran yang terjadi Minggu pagi tadi dilaporkan juga terasa hingga Magelang. Salah satu warga Muntilan, Bima Saputera, mengaku mendengar suara jendela, pintu dan dinding kamarnya berderik.

”Iya merasakan (getaran). Saya cek di twitter (@infoBMKG), ternyata itu akibat gempa,” katanya.

Borobudur News masih terus mengumpulkan data terkait ada tidaknya laporan kerusakan atau korban pasca gempa. Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto belum bisa dikonfirmasi saat dihubingi melalui sambungan WhatsApp. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: