Sebulan Merapi Keluarkan 968 Kali Lava Pijar

BNews–JOGJA-Indonesia terkenal dengan banyaknya Gunung Merapi yang aktif. Dan salah satunnya yakni Gunung Merapi yang berlokasi di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Gunung Merapi yang statusnya kini Waspada atau level 2 ini masih sering mengeluarkan lava pijarnya. Tercatat kurun waktu selama bulan Agustus 2019 Gunung Merapi ini mengeluarkan lava pijar sebanyak 968 kali.

Hal ini berdasarkan catatan Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Dan terakhir terjadi pada tanggal 27 Agustus 2019 sekitar pukul 18.10 wib guguran lava meluncur sejauh 2 kilometer ke hulu kali gendol.

Secara umum, aktivitas kegempaan Gunung Merapi selama Agustus 2019 masih didominasi dengan gempa guguran dan hembusan. Sedangkan untuk asap kawah utama, ketinggian maksimum mencapai 350 meter.

Loading...

Atas kejadian tersebut warga diminta mewaspadai adanya aliran lahar
Sejumlah potensi bahaya dipetakan oleh PVMBG. Seperti adanya lontaran material atau lava pijar, guguran lava, awan panas guguran, hujan abu, dan aliran lahar hujan.

PVMBG juga merekomendasikan kepada warga untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius tiga kilometer. Apabila terjadi erupsi disertai hujan abu, diminta untuk menggunakan pelindung hidung, masker untuk mulut dan kacamata untuk pelindung mata. Warga juga diminta untuk mewaspadai adanya aliran lahar. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: