Gunakan Kostum Topeng Ireng, Pelajar ini Galang Bantuan Untuk Lombok

BNews—SAWANGAN—Aksi peduli bencana alam Gempa Lombok di Nusa Tenggara Barat dilakukan oleh siswa-siswi SMP Muhammdiyah 2 Sawangan Kabupaten Magelang siang tadi (14/8). Dengan mengenakan kostum kesenian daerah Topeng Ireng para siswa-siswi ini melakukan akasi ngamen untuk galang dana di depan sekolah mereka.

 

Depan sekolah yang merupakan jalur alternative Magelang-Boyolali ini cukup ramai dilewati pengendara dan wisatawan. Tidak menghiraukan cuaca terik panas mereka menari layaknya kesenian daerah ini pentas dipinggir jalan sambil membawa kardus untuk mengamen.

 

Salah satu siswi kelas 8 SMP 2 Muhammdiyah Sawangan, Deva menuturkan bahwa dirinya bersama teman-temanya melakukan hal ini cukup senang. “Ini kali pertamanya saya mengkuti aksi social untuk membantu saudara kita yang terkena musibah bencana alam, dan kali ini saudara kita di Lombok NTB,” katanya.

 

Usaha mereka tidak sia-sia ternyata. Dalam sekejam pundi-pundi uang dengan nominal berbeda-beda terkumpul dari para pengendara yang melintas dan menyempatkan diri untuk berhenti memberikan sumbangan.

 

Sementara Ahmas Taufik, Humas SMP Muhammadiyah 2 Sawangan mengatakan, dengan adanya kejadian gempa bumi di Lombok, merupakan suatu pembelajaran yang berhara, terutama untuk siswa siswi agar peka terhadap kehidupan sosial. “Karena dalam kehidupan ini, anak-anak harus tahu bahwa kejadian kehidupan sosial itu akan membentuk karakter. Dengan adanya kegiatan ini, untuk meningkatkan kepedulian dan kepekaan terhadap kehidupan sosial,” katanya.

 

“Mereka sengaja mengenakan kostum kesenian tradisional topeng ireng tidak bukan tanpa alasan tertentu. “Selain niat utama untuk aksi peduli social, namun mereka juga berani menunjukan jati diri kesenian daerah mereka sendiri,” imbuhnya.

 

“Rencananya hasil ngamen anak-anak ini nantinya akan dikumpulkan menjadi satu Pengurus Daerah Muhammdiyah (PDM) Magelang, untuk selanjutnya dikirim ke Lombok untuk membantu saudara kita yang sedang terkena musibah,”pungkasnya. (bsn)

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: