Hari Guru Nasional Diperingati Setiap 25 November, Ini Sejarah Singkatnya

BNews—NASIONAL— Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November oleh Bangsa Indonesia. Memperingati Hari Guru Nasional bersamaan dengan peringatan Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI.

Sejarah Hari Guru Nasional memang tidak bisa dilepaskan dari peran PGRI. Pada tahun ini Hari Guru Nasional jatuh pada Hari Kamis 25 November 2021.

Sejarah peringatan Hari Guru Nasional berawal dari terbentuknya Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada tahun 1912. Saat itu Indonesia masih dalam masa penjajahan Belanda. PGHB menjadi wadah perjuangan para guru saat itu.

Anggota dari PGHB yakni guru pribumi, guru desa, kepala sekolah, pemilik sekolah. Namun tak mudah bagi PGHB memperjuangkan nasib para anggotanya yang memiliki pangkat, status sosial dan latar belakang pendidikan yang berbeda.

Tak lama setelah PGHB berdiri kemudian banyak muncul organisasi guru baru seperti Persatuan Guru Bantu (PGB) dan Perserikatan Guru Ambachtsschool (PGAS). Serta organisasi guru berbasis keagamaan atau kebangsaan seperti Christelijke Onderwijs Vereneging (COV) dan Katolieke Onderwijsbond (KOB).

Semangat pribumi untuk memperbaiki kehidupan dan mencapai kemerdekaan menghantarkan pada perubahan besar. Pada perkembangannya PGHB merubah nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) pada tahun 1932.

Hal itu mencerminkan semangat kebangsaan menjadi bukti perjuangan nasional saat itu. Meski sempat ditutup pada zaman pendudukan Jepang, para guru pribumi kembali membangun semangat juangnya.

Namun, seiring dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia yang puncaknya adalah Proklamasi 17 Agustus 1945, PGI kembali bangkit. Proklamasi menjadi pemacu PGI menggelar Kongres Guru Indonesia pada 24–25 November 1945 di Surakarta.

Dalam kongres inilah PGRI lahir, sehingga tanggal 25 November pun ditetapkan sebagai Hari PGRI.

Sebagai penghormatan kepada para guru, pemerintah menetapkan hari lahir PGRI atau tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. (*)

Sumber: suaramerdeka.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: