HEBOH !!! Ilmuwan Temukan Kerangka Dinosaurus Raksasa Langka

BNews-NASIONAL- Periset di Prancis berhasil mengungkap kerangka dinosaurus raksasa yang langka. Kerangka tersebut berhasil digali dan dirangkai mulai dari tengkorak hingga ekor. Pertanyaannya kini adalah, jenis dinosaurus apakah itu?

Penemuan fosil raksasa ini dimulai pada bulan Mei 2022. Pada saat itu, Damien Boschetto, seorang ahli paleontologi amatir berusia 25 tahun, bersama anjingnya, menemukan sesuatu yang luar biasa ketika berjalan di hutan di Montouliers, Prancis.

Saat melihat lebih dekat, mereka menemukan tulang-tulang yang menjulang dari tanah. Temuan ini kemudian dilaporkan ke Asosiasi Kebudayaan Arkeologi dan Paleontologi di Museum Cruzy, tempat Boschetto bekerja.

“Penemuan Kerangka Titanosaurus”

Dikutip dari CNN, penemuan ini kemudian diidentifikasi oleh Asosiasi Kebudayaan Arkeologi dan Paleontologi di Museum Cruzy bekerja sama dengan Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis.

Mereka berhasil mengidentifikasi fosil sepanjang hampir 10 meter itu sebagai kerangka Titanosaurus setelah melakukan penggalian.

SIMAK UPDATE BERITA BOROBUDUR NEWS DI GOOGLE NEWS (KLIK DISINI GRATIS)

“Yang paling menarik adalah menyadari bahwa kita kini memiliki setidaknya satu hewan yang terhubung anatomi secara utuh, yaitu Titanosaurus, dinosaurus berleher panjang,” ujar Jean-Marc Veyssières, salah satu periset yang terlibat dalam penemuan ini.

Selama dua tahun terakhir, asosiasi ini telah melakukan penggalian di situs yang pertama kali ditemukan oleh Boschetto. Hingga saat ini, mereka telah berhasil menemukan kerangka Titanosaurus dan beberapa fosil dari berbagai jenis dinosaurus, beberapa di antaranya memiliki hubungan anatomi yang hampir lengkap.

“Sisa-sisa lain yang berhasil diidentifikasi termasuk sisa-sisa Rhabdodon, dinosaurus herbivora atau pemakan tumbuhan, seperti Titanosaurus, dan fragmen kerangka dinosaurus pemakan daging seperti Theropoda dan buaya,” papar Boschetto.

Sementara itu, kerangka Titanosaurus saat ini terletak di laboratorium Museum Cruzy untuk dipelajari lebih lanjut.

Kerangka Titanosaurus Berusia 70-72 Juta Tahun

Para peneliti memperkirakan usia fosil yang baru ditemukan tersebut sekitar 70 hingga 72 juta tahun. Namun, Titanosaurus sendiri hidup pada rentang waktu dari Zaman Jurassic Akhir hingga akhir Zaman Kapur, sekitar 163,5 hingga 66 juta tahun yang lalu.

Titanosaurus termasuk dalam kelompok sauropoda, dinosaurus herbivora berleher panjang yang merupakan dinosaurus terbesar pada zamannya.

“Sisa-sisa fosil Titanosaurus banyak ditemukan di Eropa, namun sedikit yang ditemukan terkait anatominya,” ungkap Boschetto.

Matthew Carrano, seorang ahli geologi penelitian dan kurator Dinosauria di Smithsonian Institution National Museum of Natural History, menjelaskan bahwa wilayah di mana Boschetto menemukan spesimen ini kaya akan fosil dinosaurus dan spesies lain yang hidup pada waktu yang sama.

“Pemugaran fosil ini telah memperkaya salah satu koleksi dinosaurus Kapur Atas terbesar di Prancis,” kata Carrano.

Ke depan, asosiasi dan ahli paleontologi berencana melanjutkan penelitian terhadap fosil-fosil ini serta melakukan penelusuran lebih lanjut di wilayah ini. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: