Hore…Bayar Pajak Motor Kini Bisa di Secang

BNEWS—SECANG—Masyarakat Kecamatan Secang Kabupaten Magelang dan sekitarnya patut berbangga hati. Pasalnya pagi tadi (5/4) telah diluncurkan Samsat Paten di Komplek Kantor Kecamatan Secang oleh PJS Bupati Tavip Supriyanto.

 

Dalam sambutannya PJS Bupati Magelang Tavip Supriyanto menerangkan bahwa Pemda Magelang sudah berusaha dalam perbaikan pelayanan masyarakat. “Salah satunya pelayanan pajak kendaraan bermotor (PKB) dengan dibukanya Samsat Paten di wilayah Secang ini,” katanya.

 

“Dalam hal ini masyarakat minta pelayanan kepada Pemerintan dan tentunya kita sebagai pelayan masyarakat menyambut dengan baik, dengan memberikan pelayanan cepat, murah dan transparan,” imbuhnya.

 

Tavip juga menambahkan, bahwa biasanya di wilayah Secang menggunakan bus samsat keliling  sekarang bisa ketempat ini dan untuk bus samsat keliling akan dialihkan ke wilayah Grabag sesuai jadwalnya. “Dan dalam tahun ini direncanakan membentuk Samsat paten ini di wilayah Kawedanan, minimal di tiga eks kawedanan sudah berdiri sehingga masyarakat Kabupaten Magelang bisa membayar PKB di kantor terdekat tidak harus di wilayah lain,” tandasnya.

SAMSAT : PJS Bupati Tavip Supriyanto saat meninjau kantor Samsat Paten di Secng bersama Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengan, Ikhwan Sudrajat (5/4)--(Foto--bsn)
SAMSAT : PJS Bupati Tavip Supriyanto saat meninjau kantor Samsat Paten di Secng bersama Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengan, Ikhwan Sudrajat (5/4)–(Foto–bsn)
DPD PKS Magelang Ramadhan

Sementara hadir dalam acara ini Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengan,  Ikhwan Sudrajat  yang memberikan apresiasi kepada Pemda Magelang telah membuan Samsat Paten ini.

 

“Tentunya hal ini tidak lepas dari pihak Kepolisian yang sudah kami anggap kakak kandung kami dalam pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor ini, karena berkas akan sah jika polisi terlibat di setiap Samsat,” katanya.

 

Dan perlu diketahui Kabupaten Magelang menjadi raking pertama dalam Pendapatan Pajak Bermotor di Jawa Tengah dengan perkembangan PKB Provinsi Jawa tengah sebesar 13 % sedangan Kabupaten Magelang mencapai 19 %. “Kondisi pembayaran PKB Jawa Tengah pada tahun 2017 sebesar 68 %, berarti bisa disimpulkan dari 100 pemilik kendaraan bermotor hanya 68 yang bayar pajak,” imbuhnya.

 

Ikhwan juga menjelaskan bahwa anggaran kebutuhan jalan di Jawa Tengah sebesar 6 Triliuan dan kita baru mampu sekitar 1,2 Triliun. “Dan perlu dijelaskan bahwa Pajak daerah yang masuk ke provinsi terasuk PKB ini sebesar 30% dikembalikan ke daerah, misal Kabupaten Magelang sendiri pada tahun 2017 pajak yang masuk sebesar 142 Milyar yang naik sekitar 17 Milyar dibanding tahun 2016,” jelasnya Ikhwan.

 

“Saya harap ASN, TNI dan  Polri menjadi contoh sebagai pembayar pajak yang tertib, selama ini di Kabupaten Magelang sudah bagus tentunya dengan ditambah perhatiaannya oleh Pemda akan bertambah bagus lagi,” harapnya.

 

Diketahui Samsat Paten Kecamatan Secang ini akan beroperasi mulai Senin-Jumat pukul 08.00-13.00 wib, sedangkan hari Sabtu pukul 08.00-12.00 wib. Acara resmi dibuka oleh PJS Bupati Tavip Supriyanto dengan pemotongan tali bunga didepan pintu masuk Samsat Paten Kecamatan Secang. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: