Hujan Abu Meluas Hingga Muntilan dan Mungkid

BNews—MUNGKID—Luncuran awan panas Merapi sore tadi tidak hanya sebabkan hujan abu di kawasan lerengnya saja (14/10). Namun kawasan yang berjarak 20 km lebih juga terkena imbasnya.

Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto mengatakan bahwa hujan abu mencapi di beberapa Kecamatan di Kabupaten Magelang yang jauh dari kawasan Merapi. “Selain kawasan Merapi wilayah Dukun, Srumbung dan Sawangan, Hujan abu juga mencapi Kecamatan Muntilan, Mungkid dan Salam,” katanya.

Advertisements


Edi menyebutkan langsung melakukan koordinasi dengan pihak BPPTKG terkait kejadian tersebut. “Kami juga langsung lakukan Kaji cepat ke wilayah KRB III. Sekaligus melakukan pemantauan baik melalui media sosial maupun rekan – rekan di Wilayah KRB III,”imbuhnya.


“Petugas BPBD Kabupaten Magelang juga melakukan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat di Wilayah KRB III untuk tenang. Sekaligus pembagian masker,”tandasnya.

Sampai berita ini dirils, pantauan lapangan Borobudurnews hujan abu masih terjadi dengan skala tipis mendekati reda. Ini terpantau saat wartawan Borobudurnews melakukan penyusuran jalan utama di Kecamatan Dukun.

Sebelumnya diberitakan telah terjadi awanpanas letusan di Gunung Merapi pada tanggal 14 Oktober 2019 pukul 16:31 WIB. Awanpanas terekam di seismogram dengan durasi 270 detik dan amplitudo 75 mm. Terpantau kolom setinggi max. ±3.000 m dari puncak. Angin bertiup ke arah Barat Daya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: