HUT Kota Mungkid Ke-39, Festival UMKM dan Gelar Budaya Digelar

BNews–MAGELANG-– Kawasan lapangan drh.Soepardi Sawitan Kota Mungkid Kabupaten Magelang tampak meriah sejak Jumat pagi kemarin (17/3/2023). Ternyata terdapat Festival Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta Gelar Budaya.

Hadir membuka acara secara langsung, Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto mewakili Bupati Magelang.

Ia berharap kegiatan tersebut bisa menjadi upaya menjaga stabilitas pasokan dan harga barang kebutuhan pokok.

“Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati HUT Ke-39 Kota Mungkid Tahun 2023,” katanya.

Adi mengatakan, Festival UMKM dan Gelar Budaya ini sekaligus dalam rangka memberi ruang ekspresi seni; bagi warga masyarakat Kabupaten Magelang melalui pegelaran budaya.

Ia menyampaikan, Pandemi Covid-19 telah berdampak pada perayaan HUT Kota Mungkid dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini. Kegiatan perayaan HUT Kota Mungkid tidak bisa dilaksanakan seperti biasanya dan melibatkan massa seperti Festival UMKM dan Gelar Budaya sebagaimana hari ini

Belum usai Pandemi Covid-19, terjadi perang antara Rusia dan Ukraina yang menyebabkan beberapa negara; mengalami krisis energi bahkan ada yang mengalami resesi.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Dampak dari resesi global yang dirasakan di Indonesia adalah kenaikan harga beberapa komoditas pangan; yang bahan bakunya harus impor dari luar negeri seperti gandum, salah satunya,” ungkap, Adi.

Adi mengatakan, masyarakat patut bersyukur di Tahun 2023 ini sudah ada pelonggaran dengan dicabutnya; Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Pemerintah, sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang; melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM dan Dinas Pendidikan dan Kebuyaan dapat melaksanakan Kegiatan Festival UMKM dan Gelar Budaya ini.

“Oleh karena itu kami mengajak seluruh warga masyarakat Kabupaten Magelang untuk terus bergotong royong; bersinergi dan berkolaborasi untuk bangkit kembali di era pasca pandemi Covid-19. Bangkit pada sisi ekonomi maupun budayanya serta sisi yang lain,” tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi (Disdagkop) UKM Kabupaten Magelang, Basirul Hakim menyampaikan tujuan dilaksanakannya Kegiatan Festival UMKM dan Gelar Budaya ini sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Magelang dalam mengendalikan Inflasi.

“Selain itu untuk mengidentifikasi dan menampilkan potensi unggulan yang ada, sekaligus melestarikan budaya di masyarakat Kabupaten Magelang,” kata, Basirul Hakim.

Untuk diketahui, Festifal UMKM dan Gelar Budaya ini dilaksanakan pada tanggal 17 sampai 19 maret 2023 di Lapangan Drh. Soepardi, Sawitan Kota Mungkid.

Adapun untuk acara kegiatan Festival UMKM dan Gelar Budaya ini meliputi lomba mewarnai PAUD, Lomba tari baru berkreasi kelompok; festival kubro siswo, senam masal dan sekolah angkringan.(bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: