Hutan Jadi Gundul, 1.220 Rumah di Magelang Rusak Akibat Angin Puting Beliung

BNews—MAGELANG— Kerusakan akibat bencana angin putting beliung di Kabupaten Magelang ternyata cukup besar. Kerugian juga mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto mengatakan angin melanda tujuh kecamatan di Magelang mulai Minggu (20/10) hingga Senin (21/10). Selain merusak rumah, angin juga merobohkan pepohonan dan bahkan membuat hutan di kawasan Pakis gundul.

Advertisements


DIantaranya adalah hutan pinus di kawasan wisata Grenden dan Top Selfie di Kecamatan Pakis. Pohon-pohon cemara yang indah dan dijadikan objek wisata habis diterjang angin.


Sedangkan rumah rusak ada 1.220 unit. Terdiri 1.148 unit rumah rusak ringan, 56 unit rusat sedang dan 16 unit rusak berat. “Rusak berat ini rumah sampai ambruk dan rata dengan tanah,” papar dia.

Menurutnya, ada tujuh kecamatan yang terdampak seperti Pakis,Sawangan, Ngablak, Tegalrejo, dan Kajoran. Terparah di Kecamatan Pakis, tepatnya di Desa Ketundan paling tidak ada 706 rumah yang rusak berat dan ringan.

Sementara itu di Desa Pogalan, 192 rumah rusak. Sekitar 2.000 jiwa yang mengungsi. Namun, kemarin warga sudah kembali ke rumah mereka masing-masing dan melakukan perbaikan.

Seluruh kebutuhan warga yang menjadi korban bencana akan dipenuhi oleh Pemkab Magelang. Mulai logistik, makanan, dapur umum, dan suplai air bersih. (her/jar)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: