Warga Lereng Merapi Magelang Deklarasi Pemilu Damai

BNews-MAGELANG– Masyarakat di lereng merapi Kabupaten Magelang ini gelar Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024, (10/12/2023) malam. Mereka adalah warga di Desa Ngargomulyo Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang.

Warga tersebut diwakilkan oleh Kepala Dusun, Ketua RT, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama yang berkumpul di Aula Balai Desa setempat. Acara tersebut diprakasi oleh dua lembaga Pemilu yakni PPS dan Pengawas Desa Ngargomulyo.

Acara deklarasi yang dipadukan dengan acara Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilu Serentak Tahun 2024 berlangsung hikmat. Yang dihadiri juga oleh tiga komisioner Panwaslucam Dukun.

Sebelum acara Deklarasi dilaksanakan, sosialisasi dilakukan terlebih dahulu oleh tiga anggota PPS Desa Ngargomulyo. Baik terkait perawatan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 serta nama-nama calon KPPS di TPS se Desa Ngargomulyo.

Ketua PPS Desa Ngargomulyo, Ade Handika dalam sambutannya mengatakan bahwa pertemuan tersebut selain deklarasi juga sosialisasi. Serta menaruh harapan untuk seluruh masyarakat ikut serta mengsukseskan Pemilu 2024.

“Terkait DPTB dan DPK, silahkan bagi masyarakat yang ada informasi warganya belum terakomodir di DPT Pemilu 2024 bisa konfirmasi ke kami. Kami akan melayani sesuai prosedur yang berlaku,” katanya.

Handikan juga berharap Pemilu 2024 bisa berjalan lancara dan jurdil. “Menuju pemilu yang jurdil seperti jingle KPU yang sudah kita dengarkan bersama sama tadi. Semoga Pemilu 2024 kedepan bisa lancar, damai, aman dan sukses,” harapnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sementara Ketua Panwaslucam Dukun, Ariyanto mengatakan bahwa deklarasi pemilu damai ini terdapat tiga point penting. Dimana mulai dari Pemerintah Desa, Tokoh Masyarakat dan Warga Desa Ngargomulyo memberikan pernyataan bersama.

“Pointi itu pertama Siap melaksanakan Pemilu Serantak Tahun 2024 dengan damai; Siap menjaga kondusifitas situasi dan kondisi lingkungan Desa Ngargomulyo. Dan ,enolak berbagai bentuk politik uang selama Pemilu Serentak Tahun 2024,” ujarnya.

Ariyanto juga berharap bahwa seluruh tokoh masyarakat ikut serta mengsuseskan Pemilu 2024. “Tokoh masyarakat baik apapun latar belakangnya diharapkan nanti semua mau jadi bagian masyarakat yang mengsukseskan pemilu. Nanti bisa jadi pengawas partisipatif. Jika melihat ketidaksesuaian dari peserta pemilu, ASN dan lainnya bisa sampaikan kepada kami,” harapnya.

Terakhir, Pengawas Desa (Panwasdes/PKD) Ngargomulyo, M. Nasir yang menginisiasi acara tersebut menambahkan tujuan acara tersebut. “Hanya satu harapan saya dengan acara ini, yakni komitmen bersama masyarakat Ngargomulyo untuk mengsukseskan Pemilu 2024 denga damai,” tutupnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: