Ingin Memulai Bisnis Online? Perhatikan Beberapa Hal Ini

BNews—MAGELANG— Bisnis online kini menjadi pilihan alternatif dalam mengumpulkan pundi-pundi uang di tengah pandemi Covid-19. Bahkan sudah banyak platform belanja online yang turut memudahkan penjual untuk memasarkan produknya.

Kendati demikian, bisnis bukan hanya soal menjual produk. Bisnis online tentunya memerlukan strategi yang tepat agar menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk memulai bisnis online? Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis online. Dilansir dari Kumparan.

Tetapkan Niat

Perlu diperhatikan, untuk memulai sebuah bisnis dibutuhkan niat yang kuat. Bahkan, modal yang besar tidak begitu berarti jika niat penjual tidak dituangkan dalam menjual barangnya. Selain itu, penjual juga membutuhkan pola pikir tentang bisnis yang benar dan sikap mental yang positif.

Pilih Barang yang Dijual

Setelah meyakinkan diri untuk berjualan, ada baiknya tentukan barang apa yang akan dijual nantinya. Untuk memutuskan barang jualan sebaiknya pilih yang sedang ramai atau tak lekang oleh waktu, seperti pakaian dan makanan.

Selain itu, perhatikan juga kurir pengiriman yang cocok dengan barang jualan agar aman ketika sampai ke tangan pembeli. Contohnya, ketika memutuskan menjual baju, menggunakan jasa kurir dengan pengiriman selama dua hari tentu saja akan aman.

Lain halnya jika menjual produk makanan yang tentu tidak tahan lama. Sebaiknya menggunakan jasa pengiriman yang menyediakan layanan barang sampai di hari yang sama.

Tentukan Platform Jualan

Banyaknya platform jualan lebih memudahkan penjual untuk menjajakan jualannya. Penjual bisa memilih platform yang sekiranya ramai dikunjungi konsumen.

Pastikan platform tersebut dapat mempermudah para penjual mendapatkan pembeli. Misalnya jika penjual ingin menjual alat elektronik, pilihlah platform yang juga menyediakan pembelian secara kredit agar pembeli juga tidak keberatan saat membeli.

Bisa juga menarik pembeli dengan memberikan diskon pada produk. Biasanya sebagian orang tidak dapat menahan diri saat melihat diskon barang.

Foto Produk yang Menarik

Saat memutuskan bisnis online, maka pembeli hanya dapat melihat produk melalui foto pada layar gadget mereka dan membaca keterangan yang dicantumkan. Hal ini mengharuskan penjual untuk memiliki foto produk yang dapat menarik perhatian pembeli. Ada baiknya untuk menyetarakan tema foto barang agar terlihat lebih nyaman oleh pembeli.

Perhatikan Kualitas Produk

Untuk dapat berhasil bisnis online, penjual juga harus memerhatikan kualitas produk. Hal ini demi menjaga kepercayaan pembeli terhadap nama baik penjual.

Karena pembeli pasti sudah berekspektasi dengan produk yang akan mereka terima hanya dengan melihat foto katalog. Jadi, usahakan jangan sampai merusak kepercayaan konsumen.

Demikianlah ulasan singkat mengenai lima cara jitu memulai bisnis online. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: