Ini Daftar 15 Calon Obat dan Vaksin Covid-19

BNews—NASIONAL— Para dokter dan ilmuwan di dunia terus berpacu dengan waktu mempersiapkan obat dan vaksin covid-19. Sebuah laman riset dan pengembangan obat di London Inggris, Clinical Trials Arena, menghimpun data aneka calon obat dan vaksin untuk virus corona yang sedang di kembangkan.

Kabar baiknya, calon vaksin ini sudah bisa dilakukan uji klinis pada akhir Apriul 2020. Berikut daftar calon obat dan vaksin covid-19.

1. Chloroquine

Chloroquin atau Klorokuin adalah obat malaria yang sekarang dipakai juga untuk melawan virus corona. FDA Amerika mengizinkan penggunaan darurat Klorokuin untuk mengobati covid-19.

2. Favilavir

NMPA Tiongkok sudah mengizinkan penggunaan Favilavir untuk mengobati virus corona dan sudah ada uji klinik bagi 70 pasien menunjukkan efek positif.

3. Vaksin Fusogenix DNA

Loading...

Entos Pharmaceuticals sedang mengembangkan vaksin Fusogenix DNA dan protein yang diambil dari SARS-CoV-2 untuk menstimulasi imunitas tubuh mencegah infeksi Covid-19.

4. ChAdOx1 nCoV-19

Universitas Oxford mengembangkan vaksin ChAdOx1 nCoV-19 lewat lembaga Jenner Institute yang dimilikinya. Uji klinik akan dilakukan di wilayah Thames Valley dengan 510 relawan.

5. Gimsilumab

Roivant Sciences mengembangkan obat antibodi Gimsilumab yang diharapakan mengurangi kerusakan paru-paru dan tingkat kematian pada pasien covid-19.

6. AdCOVID

Altimmune berkolaborasi dengan University of Alabama at Birmingham (UAB) mengembangkan vaksin AdCOVID yang dimasukan lewat hidung. Uji coba pada hewan ditargetkan kuartal ketiga 2020.

7. TJM2

I-Mab Biopharma mengembangkan antibodi TJM2 untuk mengatasi badai cytokine pada pasien virus Corona. Pengembangan obat akan dilanjutkan usai dapat perizinan dari FDA Amerika.

Baca juga: Begini Keseruan Konferensi Video Ganjar dengan Para Siswa se-Jateng

8. Vaksin Coronavirus Medicago

Medicago berkolaborasi dengan Infectious Disease Research Centre dari Laval University dan didanai Canadian Institutes for Health Research (CIHR) mengembangkan antibodi melawan covid-19

9. AT-100

Airway Therapeutics mengembangkan protein AT-100 (rhSP-D) untuk mengobati virus Corona. AT-100 dilaporkan mengurangi infeksi paru-paru dengan menghasilkan imunitas terhadap penyakit pernafasan.

10. TZLS-501

Tiziana Life Sciences mengembangkan antibodi TZLS-501 untuk obat COVID-19 yang fungsinya mencegah kerusakan paru-paru.

11. OYA1

OyaGen merancang OYA1 untuk obat virus Corona. Awalnya ini obat kanker, namun kurang berhasil, malahan lebih cocok untuk melawan virus Corona.

12. BPI-002

BeyondSpring menciptakan agen molekul BPI-002 yang bisa mengaktifkan CD4+ helper T cells, CD8+ cytotoxic T cells dan imunitas tubuh. Agen molekul ini mesti dikombinasikan dengan vaksin.

13. Vaksin hidung Altimmune

Perusahaan biofarmasi AS, Altimmune mengembangkan vaksi intranasal untuk COVID-19. Desain dan sintesa dosis sudah selesai, selanjutnya akan masuk tahap uji coba dengan hewan.

14. INO-4800

Inovio Pharmaceuticals dan Beijing Advaccine Biotechnology berkolaborasi mengembangkan vaksin INO-4800. Uji coba manusia akan dilakukan April 2020, hasilnya bisa diketahui September 2020.

15. NP-120

Algernon Pharmaceuticals menyiapkan NP-120 (Ifenprodil) sebagai obat covid-19 yang dijual dengan nama cerocal dan sudah berhasil diujicoba pada tikus. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: