Ini Daftar Tempat Wisata di Lereng Sumbing

BNews—MAGELANG—Wilayah Magelang dikelilingi beberapa gunung sehingga tak ayal memiliki berbagai potensi alam. Potensi tersebut pun banyak yang dijadikan destinasi wisata Magelang.

Seperti beberapa destinasi wisata alam di dekat Gunung Sumbing, berikut ini.

Bukit Asri Kertojoyo

Bukit ini memiliki spot foto, gubuk bersantai, dan hutan pinus. Selain itu disini juga ada sebuah makam. Tidak hanya untuk berwisata alam saja, wisata ini juga termasuk untuk wisata ziarah.

Bukit yang berada di Desa Pringombo, Hutan, Krinjing, Kajoran, Kabupaten Magelang ini bisa kunjungi menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Untuk jam operasionalnya, dimulai pukul 07.00-17.30 WIB.

Sementara tiket masuk sebesar Rp 5 ribu dengan biaya parkirnya sebesar Rp 2 ribu untuk roda dua dan Rp 5 ribu untuk roda empat.

Curug Sigetik dan Curug Bujet

Kedua air terjun ini berada di dusun Kopeng Wetan, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran,Magelang. Dapat dikatakan bahwa kedua wisata ini masih baru dan belum banyak orang yang mengetahuinya.

Curug Bujet dan Curug Sigetik sangat indah dan sejuk dengan aliran airnya. Curug Sigetik memiliki aliran air lebih kecil dibanding Curug Bujet, sehingga sangat cocoko untuk pengunjung yang tidak bisa berenang namun tetap ingin menikmati kesegaran airnya.

Kedalaman airnya sekitar 120 sentimeter atau setinggi dada orang dewasa dan sangat nyaman untuk berendam.

Curug Silawe

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dengan dua aliran yang memiliki debit air berbeda. Keindahan alam di Curug Silawe akan lebih nyata terlihat ketika musim panen atau musim tanam tiba.

Curug ini berlokasi di Dusun Kopeng, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Untuk menikmatinya, cukup membeli tiket seharga Rp. 4 ribu dan untuk parkir roda dua Rp 2,5 ribu. Sementara jam operasionalnya pada pukul 08.00-17.00 WIB.

Download Aplikasi Borobudurnews (Klik Disini)

Nepal Van Java

Wisata ini merupakan sebuah desa tertinggi yang berada di lereng Gunung Sumbing yakni diketinggian sekitar 1.700-an mdpl. Di dusun yang juga dijadikan basecamp pendaki Gunung Sumbing ini, rumah-rumah warga berderetan bak desa di Pegunungan Himalaya Nepal.

Karenanya, beberapa waktu lalu dusun ini sempat viral setelah foto-foto deretan rumah tersebut tersebar di media sosial. Objek wisata ini tepatnya berada di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang. Untuk menuju lokasi, pengunjung harus hati-hati karena kondisi jalan yang memanjak.

Gardu Pandang Silancur

Pengunjung yang ingin menikmati pemandangan lereng Gunung Sumbing, dapat mendatangi gardu yang berada di Dadapan, Mangli, Kaliangkrik, Magelang ini. Pengunjung dapat mengabadikan keindahan pemandangan alam tersebut dengan berswafoto.

Untuk tiket masuknya, sebesar Rp. 10 ribu. Sementara jam operasionalnya dimulai pada pukul 04.30-19.00 WIB

Gardu Pandang Mangli

Gardu ini terletak di Kebonlegi, Kaliangkrik, Magelang dengan ketinggian sekitar 1.560 mdpl. Untuk memasukinya, cukup merogoh uang sebesar 5.000 rupiah saja dan itupun sudah dengan ongkos parkir sepeda motor.

Saat di gardu pandang ini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang mempersona seperti kemegahan Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Sumbing. Bahkan pemandangan Kota Magelang, serta hijaunya perkebunan warga yang mengelilingi lokasi gardu pandang tersebut. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: