Ini Penyebab Terjadi Pusaran Air di Selokan Mataram

BNews—SLEMAN—Air yang berada di Selokan Mataram, Dusun Mayangan, Trihanggo, Gamping, Sleman merembes ke bawah dan membentuk pusaran air. Hal tersebut akibat saluran cross drain atau saluran tertutup/syphon yang berada di bawah selokan, rusak.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan membenarkan kerusakan tersebut.  ”Saluran cross drain di bawah saluran Selokan Mataram mengalami kerusakan. Air selokan masuk saluran cross tampak efek pusaran,” katanya, Rabu (14/10/2020). Dikutip dari Detik.com.

Dia menjelaskan, air yang masuk ke dalam cross drain kemudian luber ke area sawah sebelahnya dan menggenangi Jalan Kabupaten. Rencananya, akan segera dilakukan perbaikan.

Sementara itu, Kabid Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS SO), Pramono, menyatakan bahwa bukan selokannya yang amblas. Melankan kerusakan pada saluran cross drain Selokan Mataram.

”Cross drain di bawah Selokan Mataram terindikasi ambrol atau patah. Sehingga air Selokan Mataram masuk ke saluran drainase tersebut,” katanya.

Lanjut dia, saat ini pihaknya tengah berusaha memperbaiki kerusakan dan dibantu oleh para warga sekitar. Sementara untuk penanganan darurat yang dilakukan, kata Pramono, pihaknya menutup pintuk air di Bendung Karangtalun.

”Hal ini agar air di Selokan Mataram bisa surut untuk identifikasi kerusakan dan tindak lanjut perbaikannya,” jelasnya.

Loading...

Kemudian untuk perbaikannya yakni dengan melokalisir dan menutup lubang cross drain (saluran tertutup) di bawah Selokan Mataram dengan menggunakan gerobag. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: