Kasus Covid di Kabupaten Magelang Terus Meningkat, ini Faktor Penyebabnya

BNEWS—MUNGKID—Kasus positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Magelang beberapa waktu terakhir ini mengalami kenaikan. Hal tersebut tak lepas dari faktor-faktor yang ada dan menyebabkan bertambahnya pasien positif.

Menurut Koordinator Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Endra Endah Wacana, beberapa penyebab meningkatnya kasus positif antara lain adanya penularan virus dari salah satu anggota keluarga ke anggota yang lain. Kemudian adanya warga yang memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah.

”Seperti yang terjadi di Kecamatan Kaliangkrik dan Mertoyudan beberapa waktu lalu, beberapa orang dalam satu keluarga terpapar Covid-19,” kata dia kepada Borobudurnews, Jumat (7/8/2020) siang.

Lanjutnya, faktor lainnya adalah kurangnya kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. ”New normal yang dimaksud disini bukan saiki wis entuk ngopo-ngopo (sekarang sudah boleh melakukan apapun seperti sebelum adanya pandemi Covid-19),” jelasnya

“Namun menerapkan kebiasaan baru. Seperti tertib menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun, menjaga jarak,” sambungnya.

Endra pun menjelaskan, terkait peningkatan kasus tersebut, pihaknya akan meningkatkan lagi upaya penanganan Covid-19 di Kabupaten Magelang. Seperti meningkatkan pelayanan informasi terkait Covid-19 di Kabupaten Magelang yang lebih mudah dipahami oleh masyarakat.

Kemudian, melakukan tracing dan meningkatkan upaya mitigasi dalam menangani Covid-19 di Kabupaten Magelang. ”Selain itu, mendorong gugus tugas mulai dari yang ditingkat desa untuk lebih proaktif dalam menjalankan tugas-tugasnya,” imbuhnya.

Loading...

Endra pun mengimbau, gugus tugas di desa-desa yang tidak ada kasus Covid-19 untuk tetap waspada terhadap potensi penularan virus corona. Ia juga meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan terkait adaptasi kenormalan baru.

”Contohnya, jika ada warga yang bekerja diluar daerah atau setelah bepergian dan kembali ke wilayah Kabupaten Magelang, untuk bisa melapor ke petugas Jogo Tonggo atau puskesmas terdekat untuk melakukan pengecekan kondisi tubuh atau sekalian uji swab, minimal rapid test,” pungkasnya. (rur/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: