Ini Rute Menuju Tol Kahyangan Magelang

BNews–MAGELANG– Sebuah jalan di lereng gunung Merbabu Magelang ini mendadak viral dan menjadi spot para pesepeda. Bahkan lokasi ini disebut-sebut dengan nama Tol Kahyangan Magelang , dengan pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu.

Jalan ini menghubungkan Dusun Wonodadi di Desa Wonolelo dengan Dusun Suwanting di Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Tol Kahyangan Magelang ini berada di lereng Gunung Merbabu dan tak jauh dari jalan utama Magelang-Boyolali via Selo.

Saat melintas di Tol Kahyangan Magelang, pengendara akan disuguhkan dengan keindahan panorama dua gunung, yakni Merapi dan Merbabu. Untuk menuju ke sana, pengunjung disarankan melalui Desa Wonolelo karena kondisi jalan sudah dicor halus dan bagus.

Jadi jika pengunjung dari arah jalan Jogja-Magelang, sampai simpang tiga Blabak Mungid ambil jalan menuju Sawangan atau Obyek Wisata Ketep Pass. Terus aja naik, dan nanti sebelum Obyek Wisata Ketep Pass bertemu simpang tiga kembali.

Simpang tiga tersebut jika lurus akan menuju Ketep Pass dan Banyuroto, sementara yang ke kanan menuju Selo Boyolali. Nah, kalian ambil yang arah Selo Boyolali, namun sesampai di Desa Wonolelo kalian nanti belok kiri menuju Dusun Wonodadi.

Tinggal lurus akan melintas jalan yang disebut Tol Kahyangan Magelang. Dan nantinya lurus akan tembus di Dusun Suwanting Desa Banyuroto Sawangan. Dan tinggal pulang ke arah Ketep Pass lurus kebawah Jalan Jogja-Magelang.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Tanjakan dan turunan pun tidak terlalu parah. Sementara itu jika dari Dusun Suwanting di Desa Banyuroto, jalur masih merupakan jalan cor khas desa. Kondisi jalan juga menanjak dan ada turunan cukup curam.

Keindahan panorama alam sudah tersaji beberapa saat setelah meninggalkan jalan utama Magelang-Boyolali via Selo. Pemandangan terbuka ada di sebelah kanan berupa Gunung Merapi dan Merbabu yang menjulang tinggi.

Panorama dataran rendah yang ada di sisi barat Merapi-Merbabu pun tampak indah dari ketinggian. Keindahan matahari terbit dapat disaksikan dari sana saat cuaca cerah.

Tampak jalan yang seolah menuju ke langit melalui punggungan Gunung Merbabu. Apabila kawasan atas sedang berkabut, maka jalan ini seolah benar-benar bisa menembus kahyangan.

 Adapun, tempat ini sekarang menjadi tujuan favorit para pesepeda dan touring motor, khususnya saat akhir pekan. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: