IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Install Aplikasi Museum Wayang Untuk Belajar Secara Digital

BNews–NASIONAL-– Mau belajar dan melihat koleksi wayang di Indonesia, tidak perlu repot lagi datang ke museum. Pasalnya aplikasi smartphone Museum Wayang baru diluncurukan.

Peluncuran aplikasi tersebut bertujuan untuk membantu pengunjung milenial mendapatkan wawasan yang lebih besar tentang seni wayang Indonesia.

“Aplikasi ini dapat diakses dengan memindai barcode,” ucap Asiantoro, kepala penjabat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta, pada saat peluncuran aplikasi di Museum Wayang di Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, pada hari Senin.

Aplikasi ini adalah proyek kolaborasi antara pemerintah provinsi Jakarta dan Bank Indonesia (BI) yang berupaya mendigitalkan museum dan meningkatkan pariwisata di Jakarta.

Asiantoro mengatakan bahwa pengunjung museum akan menerima 12 kartu pos dengan berbagai jenis wayang yang tercetak di atasnya. Di sudut kanan bawah setiap kartu pos, kode QR dapat dipindai menggunakan smartphone Android atau iPhone.

Aplikasi ini gratis untuk digunakan dan tersedia untuk diunduh melalui Google Playstore, sehingga pengguna dapat memindai kode QR.

Sementara itu, pengguna iPhone dapat memindai kode QR secara langsung untuk terhubung ke situs yang berisi informasi dan cerita tentang wayang Indonesia.

Loading...

Penciptaan fitur digital ini adalah proyek percontohan oleh pemerintah provinsi Jakarta yang berupaya mendigitalkan 12 museum lainnya.

Kepala kantor perwakilan BI Jakarta, Trisno Nugroho, mengatakan integrasi sistem informasi aplikasi cepat, mudah dan ramah lingkungan.

“Kode QR ini adalah bagian dari strategi 3A, khususnya titik ‘kemudahan’, dengan teknologi sederhana dengan fungsi luar biasa yang memungkinkan pengguna mengakses informasi dengan cepat. Juga tanpa kertas sehingga tidak akan menghasilkan limbah,” kata Trisno. (*/islh)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: