Jalur Kereta Api Borobudur akan Nyambung Hingga Parangtritis

BNews—BOROBUDUR— Jalur kereta api di kawasan Borobudur direncanakan bakal tembus hingga ke Parangtritis. Kegiatan pembangunan akan dimulai pada 2021 mendatang.

Sekertaris daerah DIY Gatot Saptadi mengatakan jalur rel kereta api Borobudur-Jogja-Parangtritis memang masuk dalam RTRW (rencana tata ruang dan wilayah) DIY. Jalur tersebut membujur dari jalur Utara ke Selatan.

“Ada dalam RTRW, utara selatan sampai Parangtritis. Cuma jalurnya di mana tidak tahu,” katanya (30/9).

Diungkapkan bahwa akan ada dua jalur yang direncanakan. Pertama reaktivasi jalur lama, dan kedua membuat jalur baru.

“Jika Dirjen Perkeretaapian ingin bernostalgia, maka reaktivasi bisa diambil. Hanya saja, ongkosnya lebih mahal karena sebagian besar jalur kereta yang lama sudah digunakan untuk pemukiman,” ungkapnya.

Belum lagi sebagian jalur keret lama di wilayah Sleman sudah hilang. Sementara di Bantul masih ada beberapa yang bisa digunakan.

Loading...
BACA JUGA: Menteri Perhubungan : Rel Kereta Api Jogja Magelang Dibangun 2021

Gatot juga menjelaskan jika ingin membangun jalur baru, maka prosesnya harus dilakukan sejak awal. Mulai dari pengajuan dokumen perencanaan, pengajuan izin penetapan lokasi (IPL) hingga pembebasan lahan yang akan digunakan.

“Ya itu konsekuensinya. Seingat saya nanti rel dibangun elevated. Tinggal kebijakan pemerintah yang diambil yang mana,” jelasnya.

Disebutkan bahwa berdasarkan Pergub No.8 tahun 2017 terkait rencana induk perkeretaapian 2017-2036, ada tiga jalur kereta dari Borobudur yang akan menjadi prioritas pengembangan ketika masuk wilayah DIY. Ketiga jalur tersebut meliputi, jalur Bandara Kulonprogo-Prambanan, Jalur Bandara Kulonprogo-Parangtritis dan Jalur Borobudur-Samas. (internet/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: