Jijik…Pabrik Ini Bikin Mi Dengan Bahan Kecoak dan Kaporit

BNews—Nasional— Sebuah pabrik mi sohun di Jalan Pangeran Ayin, Talang Kelapa, Banyuasin, Sumatera Selatan digerebeg polisi, Rabu (22/1). Diduga, penggerebekan dilakukan karena proses produksi yang tidak steril.

Penggerebekan dilakukan jajaran Polsek Talang Kelapa bersama Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup pemerintah setempat. Hasilnya cukup mengejutkan. Petugas menemukan kecoak tercampur di dalam adonan mi.

”Benar, tadi kita lakukan penggerebekan di pabrik mi sohun. Ada beberapa temuan di lapangan seperti kecoak dan obat kaporit,” ungkap Kapolsek Talang Kelapa Kompol Masnoni.

Terang Masnoni, pabrik tersebut diakuinya memang tidak steril. Selain menggunakan kaporit dalam produksinya juga menemukan hewan kecoak di dalam adonan. Meskipun sudah kepergok, serangga tersebut tetap tidak dibuang.

”Mungkin kecoak tak sengaja masuk karena tempatnya terbuka. Tapi bukannya dibuang, malah kecoak tetap diaduk (dicampur) bersama adonan mi,” terang dia.

Lantaran diduga membahayakan konsumen, pabrik tersebut untuk sementara dilarang untuk beroperasi. Petugas menutup pabrik tersebut dengan memasang garis polisi. Selain itu, dinas kesehatan setempat sudah mengambil sampel mie sohun dan bahan baku untuk dilakukan pengujian.

”Kita tunggu rekomendasi Dinas Kesehatan dulu. Jika ditemukan ada unsur pidana, maka akan diproses. Kita panggil pegawai, pemilik dan saksi ahli untuk diperiksa,” tegasnya.

Imbuh dia, pabrik tersebut diketahui sudah 25 tahun beroperasi dan diedarkan ke beberapa daerah di Sumatera Selatan. Seperti Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Lubuklinggau dan Ogan Komering Ulu.

”Untuk pemiliknya sudah kita ketahui. Tinggal dipanggil saja. Sementara terkait izin usaha sedang dikaji dinas terkait. Apakah resmi atau ilegal,” pungkas Masnoni. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: