Warga Wonosobo Tak Bermasker Keluar Rumah, Siap-siap Push Up

BNews—WONOSOBO—Tim Gabungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo, memberikan sanksi bagi warga yang keluar rumah tanpa mengenakan masker. Karena tidak patuh pada protokol kesehatan.

Menurut Sekretaris Satpol PP Kabupaten Wonosobo, Budi Pranoto, hal tersebut sebagai upaya menggugah kesadaran masyarakat. Agar mematuhi protokol kesehatan demi terhindar dari infeksi virus corona.

”Bukan sanksi tilang, tapi sanksi ringan yakni meminta mereka untuk olah fisik berupa push up, khususnya bagi laki-laki yang masih muda dan kuat menjalani itu,” katanya beberapa waktu lalu (17/6/2020).

Dia menjelaskan, dalam operasi masker, warga yang tidak menggunakan saat keluar rumah akan menjalani sanksi push up. Setelah itu, petugas akan langsung memberikan masker agar dapat digunakan.

“Selain itu, kami juga memberikan edukasi terkait proses penularan Covid-19 mulai dari menginfeksi dan potensial menimbulkan risiko, sampai menyebabkan kematian,” jelasnya.

Budi mengaku pihaknya akan terus menggelar operasi keliling ke berbagai tempat, termasuk di sejumlah titik keramaian pada malam hari. Sebab kesadaran masyarakat menjadi kunci penting dalam memutus rantai penyebaran virus corona.

”Seperti beberapa hari lalu, tim gabungan menyisir sejumlah sarana hiburan malam, dan masih saja ada warga yang melanggar aturan pembatasan jam malam. Kemudian kami data dan dilakukan pembinaan melalui apel pagi di Mako Satpol PP,” imbuhnya.

Budi pun meminta kepada sejumlah pemilik usaha kuliner dan PKL yang masih buka di luar ketentuan jam malam, untuk dapat menutup warungnya.  Diharapkan masyarakat dapat disiplin dalam upaya mencegah serta memutus rantai penularan Covid-19.

“Mari bersama-sama menguatkan komitmen untuk tidak tertular dan tidak menjadi penular, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tutupnya. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: