Juara Kesenian Live dan Virtual Festival Ruwat Rawat Borobudur Tahun 2020

BNews–MAGELANG– Festival Kesenian Rakyat Pasedhuluran Borobudur merupakan satu dari beberapa agenda kegiatan yang termasuk dalam Ruwat Rawat Borobudur. Dimana pada tahun 2021 ini telah mencapai 19 kali penyelenggaraan sejak tahun 2003.

 Kegiatan Festival Kesenian ini sendiri sudah terlaksana sejak tahun 2011 dan diselenggarakan setiap tahunnya dalam rangkaian acara Ruwat Rawat Borobudur. Kegiatan Festival Kesenian ini melibatkan sedikitnya ratusan kelompok kesenian yang mendaftar setiap tahunnya.

Dalam agenda kegiatan Ruwat Rawat Borobudur 2020 sudah terlenggarakan sejak tanggal 9 Februari 2020. Kalau sesuai rundown, acara tersebut berakhir pada tanggal 21 April 2020.

Dalam kesempat tersebut sedikit berbeda, karena terkendala oleh adanya Pendemi Covid-19. Dan dengan terpaksa harus terhenti pada tanggal 19 Maret 2020.

Untuk event tahun 2020 tersebut, diikuti oleh 221 kelompok kesenian di Magelang dan sekitarnya. Namun memang harus terhenti terkendala Covid.

Sebagai bentuk tanggungjawab Panitia Festival Kesenian Rakyat dalam rangka Ruwat Rawat Borobudur, Festival yang sempat tertunda dilanjutkan dengan cara berbeda. Yakni dilakukan secara virtual mulai bulan Oktober dan berakhir pada November 2020.

Dimana kesenian direkam dalam sebuah video dan diupload di youtube officila untuk dinilai oleh para juri. Dan hasil pemenang yang sudah diperoleh dan umumkan.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Namun sebelumnya sudah diumumkan juga untuk juara umum Festival Ruwat Rawat Borobudur Tahun 2020. Terdapat 3 juara umum dan 3 juara harapan.

Mereka yakni Juara I diraih oleh Kesenian Kuda Kepang Turonggo Argo Laras dari Desa Ketro, Limbangan, Kabupaten Kendal. Juara II diraih oleh Kesenian Soreng Wahyu Kridho Budoyo dari Dusun Mranggen, Kragilan, Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang.

Juara III diraih oleh Kesenian Kuda Lumping Turonggo Seto Budoyo dari Dusun Ngapus Tempelsari, Tretep, KabupatenTemanggung. Juara Harapan I diraih oleh Kesenian Topeng Ireng Tunggal Rimba dari Desa Gunungsari, Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang.

Juara Harapan II diraih oleh Kesenian Kobrosiswo Cahyo Mudho dari Desa Susukan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Juara Harapan III diraih oleh Kesenian Badui Al Hikmah dari Desa Klenteng Kidul, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Selain itu, sebagai apresiasi bagi kelompok-kelompok kesenian yang mengikuti Festival namun belum mendapat juara, Panitia RRB menyediakan Trophy Juara Favorite pilihan penonton. Hal ini yang dinilai melalui viewers video terbanyak yang diunggah di akun Youtube resmi RRB; yaitu  Ruwat Rawat Borobudur Official mulai dari 1 Desember 2020 dan penghitungan berakhir pada 28 Desember 2020.

Dan malam pergantian tahun, telah diumumkan pemenang Juara Favorite Pilihan Penonton melalui Instagram @seklapborobudur. Dan bisa dilihat langsung jumlah viewers terbanyak di laman Youtube Ruwat Rawat Borobudur Official.

Dan diambil 3 kelompok kesenian dengan jumlah viewers terbanyak. Juara Favorite Pilihan Penonton yang pertama diraih oleh Kesenian Broska PSTB dari Keditan Ngablak dengan jumlah viewers sebanyak 6.926 penonton.

Peringkat kedua dengan jumlah viewers 5.463 diraih oleh Kelompok kesenian Kuda Lumping Kridho Utomo dari Ngadirojo Secang. Kemudian peringkat ketiga yaitu Kelompok Kesenian Turonggo Seto Budoyo dengan jumlah viewers 4.178.

“Kami sangat berbangga tentunya karena pesan dan kesan dari para peserta sangat baik dan bersemangat dengan mengikuti kegiatan Festival ini,” ungkap Ketua Festival Eri Kusumawardhani.

Dia juga berharap agar semua kelompok kesenian mendapatkan pengalaman melalui kegiatan Festival secara virtual ini. “Tentunya kedepan semakin semangat dalam berkesenian meskipun masih dalam situasi pandemi. Karena situasi pandemi bukan merupakan alasan bagi kita untuk berhenti berkreasi,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: