Jumlah Korban Kredit Bersyarat VCall Tanpa Busana Oleh Pria Magelang Bertambah

BNews—SLEMAN—Korban penipuan kredit dengan syarat harus Video Call (VCall) tanpa busana yang dilakukan oleh Wisnu Satria, 26, warga Jurangombo Kota Magelang bertambah. Sejauh ini korban menjadi tiga orang.

Informasi dari Polsek Mlati Sleman yang menangani kasus tersebut menyebut korban tidak hanya Hrm 26, warga Mlati Sleman. Namun juga ada dua korban lain yakni dari Magelang dan Klaten.

“Namun keduanya tidak melaporkan ke kepolisian,” kata Kapolsek Mlati Sleman Kompol Hariyanto, kemarin.

Menurutnya, korban-korban ini ditipu oleh pelaku kemudian diperas. Modusnya sama, pelaku menawarkan kredit bantuan uang namun dengan syarat target harus mau video call dalam posisi tanpa busana.

Setelah itu, tersangka merekam vcall tersebut lalu mengirimkan ke korban. Kemudian, mengancam akan menyebarkannya jika tidak memberikan sejumlah uang.

Tersangka juga mengakui semua perbutaannya. Dia membenarkan telah melakukan aksi serupa 3 kali, yaitu di Magelang, Klaten dan Sleman namun belum mendapatkan uang. Tetapi yang di Magelang dan Klaten para korban tidak melaporkan ke polisi. Jika berhasil mendapatkan uang akan digunakan untuk jajan.

Oleh polisi pelaku akan dijerat pasal berlapis. pasal 29 jo pasal 4 ayat 1 UU No 44/2008 tentang pornografi, pasal 5 ayat 1 jo pasal 27 ayat 4 UU No 19/2016 tentang perubahan atas UU No 19/2019 tentang ITE atau pasal 45 ayat 3 jo pasal 29 UU No 19/2016 tentang ITE dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara dan denda Rp6 miliar.

Sebelumnya Wisnu dilaporkan oleh HR warga Sleman karena melakukan pemerasan dengan ancaman akan mengirimkan rekaman VCall tanpa busananya ke public. Korban mau menuruti perintah pelaku karena terhimpit uang.

Setelah HR, menyetujui, pelaku justru tidak kunjung memberikan kredit Rp 2 juta seperti yang dijanjikan. Pelaku malam meminta uang Rp2 juta jika tidak akan menyebarkan Vcall tersebut. (bn1/jar)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: