Kajian Online UNIMMA Mengupas Jati Diri Muslimah

Bnews—MAGELANG– Mahasiswa UNIMMA adakan kajian online bertemakan “Mengupas Jati Diri Muslimah” pada hari Jum’at 8 Januari 2021 lalu. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom.

Kajian online muslimah tersebut diketuai oleh Ratna Husna Ulil Hikmah. Sementara anggotanya Muhammad Nopriyanto, Zahra Yasmin Dinda Maharani ,  Iqbal Ramadhan, Ermayani; dan Agnes Della Amallia.

Sementara kegiatan tersebut diikuti sejumlah peserta. Terdapat 42 orang yang sebagian besar merupakan mahasiswa UNIMMA.

Kajian tentang perempuan memang tak pernah habis untuk menjadi objek perbincangan. Sepanjang sejarah sebelum datangnya Islam, dunia memandang perempuan lebih rendah dari laki-lak; perempuan selalu diidentikkan sebagai konco wingking bahkan hanya dijadikan alat kenikmatan seksual.

Di awal pembahasan al-Ustadzah Arina Nihayati selaku narasumber membawa audiens untuk mengungkap tantangan perempuan dan agenda feminisme yang kini menjadi tantangan. “Hal ini karena gerakan feminisme yang ada saat ini telah keluar dari kodrat perempuan dalam pandangan Islam,” katanya.

Ia juga menyampaikan perempuan dalam world view Islam yang terdapat dalam buku The Tao of Islam karya Sichiko Murata. “dalam buku tersebut mengatakan bahwa perempuan dan laki-laki diciptakan adalah untuk saling melengkapi dan menciptakan keseimbangan kosmis. Begitu juga dalam bukunya Syeh Naquib Al-Attas antara perempuan dan laki-laki memiliki tugas dan kewajiban tersendiri sesuai dengan fitrahnya,” imbuhnya.

Menurutnya, agenda feminisme tidak sesuai dengan prinsip Islam karena pada dasarnya Islam telah memuliakan perempuan sesuai dengan kodratnya. Dan perempuan juga mendapat hak untuk mendapat pendidikan.

Loading...

“Saat ini Islam kekurangan role model muslimah di era milenial sehingga banyak yang berkiblat dengan Barat salah satunya dengan agenda feminisme. Untuk itu kita perlu mencari sosok figur muslimah era milenial dan itu bisa dimulai dari pribadi masing masing,” pungkasnya. (adv)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: