Kanker Jadi Penyebab Meninggalnya Enam Tokoh di Indonesia

BNews—NASIONAL— Penyakit Kanker menjadi pembunuh nomor dua terbanyak di dunia setelah jantung. Menurut catatan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), sekitar 70 persen kematian akibat kanker terjadi pada negara berkembang, seperti Indonesia.

Dirangkum Borobudur News, sepanjang tahun 2019, sedikitnya ada enam tokoh nasional yang meninggal akibat kanker. Berikut tokoh nasional berpengaruh yang berjuang melawan kanker dan tutup usia di tahun 2019.

Ustad Arifin Ilham
Penceramah Ustad Arifin Ilham tutup usia pada 22 Mei 2019 di Penang Malaysia. Pendakwah kondang itu meninggal saat mengalami tahapan pengobatan kanker getah bening stadium IV.

Setahun terakhir, Ustad Arifin sempat bolak balik dirawat di Rumah Sakit di Malaysia hingga maut menjemput. Almarhum selanjutnya dikebumikan oleh keluarga di daerah Bogor, Jawa Barat.

Ani Yudhoyono
Istri mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono meninggal dunia tanggal 1 Juni karena penyakit leukemia. Beliau melawan kanker darah selama empat bulan di Singapura sejak 2 Februari 2019 hingga 1 Juni 2019. Sang flamboyan selanjutnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

George Toisuta
Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI (Purn) George Toisutta meninggal dunia Rabu 12 Juni 2019 di, RSPAD Gatot Subroto, Jakarta dalam usia 66 tahun. Mantan KSAD periode 2009-2011 itu terbaring sakit di RSPAD Gatot Soebroto karena kanker usus.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia akibat kanker paru-paru stadium 4B hampir dua tahun. Sutopo menghembuskan napas terakhirnya di Guangzhou, Tiongkok pada hari Minggu, 7 Juli 2019. Selanjutnya almarhum disemayamkan di rumahnya di Depok, Jawa Barat dan dimakamkan di Boyolali, Jawa Tengah.

Arswendo Atmowiloto
Sastrawan dan budayawan Arswendo Atmowiloto meninggal dunia di usia 70 tahun. Ia meninggal setelah berjuang melawan kanker prostat yang membuat kondisinya terus menurun.

Aswendo sempat dua kali menjalani operasi prostat. Penulis buku Keluarga Cemara itu akhirnya meninggal dunia Jumat, 19 Juli pukul 17.50 WIB di rumah Kompleks Kompas Jalan Damai, Pesanggrahan, Jakarta.

Agung Hercules
Komedian Agung Hercules meninggal dunia di RS Dharmais, Kamis 1 Agustus akibat kanker otak yang dideritanya. Ia memang sudah setahun terakhir terbaring sakit. Terakhir, dirinya sempat menjalani pengobatan di RSUD Kota Tangerang.

Agung divonis menderita sakit kanker otak jenis Glioblastoma yang sudah mencapai stadium IV. Jenazah selanjutnya dikebumikan di daerah Parakan Saat, Antapani, Bandung, Jawa Barat. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: