Kapolsek Grabag Pastikan Upacara Melasti Berjalan Aman Lancar

BNews–MAGELANG-– Kapolsek Grabag Polresta Magelang Polda Jateng AKP Slamet Mulyanto S.H, M.M pimpin langsung pengamanan sebuah acara. Yakni Upacara Melasti / Mekiis (Pengambilan air suci) yang dilakukan umat Hindu Magelang Raya di Prasasti Tuk Mas Desa Lebak Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Jawa Tengah pada, Minggu (19/3/2023).

Hari raya Nyepi tahun Saka 1945 / 2023 yang akan jatuh pada tanggal 22 Maret 2023 mendatang, berbagai kegiatan sudah dilaksanakan; diantaranya Upacara Melasti / Mekiis (Pengambilan air suci) yang merupakan rangkaian peringatan hari raya Nyepi tahun Saka 1945 / 2023.

Hari raya Nyepi merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan Kalender Saka. Nyepi sendiri berasal dari kata sepi yang berarti sunyi, senyap, dan tidak ada kegiatan. Di Hari Raya Nyepi, berbagai aktivitas harian seperti bekerja ataupun bepergian ditiadakan karena perayaan dilakukan dengan sunyi dan penuh refleksi diri.

Pemimpin upacara Jro Mangku Wayan Kadek memandu Prosesi Melasti/ Mekiis; diikuti Ketua PHDI (Parasida Hindu Dharma Indonesia) Kabupaten Magelang I Wayan Sukadana, S.H, dan Ketua PHDI Kota Magelang Gede Mahardika. Serta sebanyak kurang lebih 100 (seratus) orang umat Hindu Magelang Raya.

Juga Taruna Akmil dengan berjalan kaki sejauh 500 meter dari pertigaan Dusun Pakisan Desa Giriwetan sampai lokasi pengambilan air suci di Prasasti Tuk Mas.

Upacara keagamaan dan sembayang bersama dilakukan kemudian pengambilan air suci serta Pemberkatan umat; dengan percikan air suci, dan dilanjutkan perjalanan menuju ke Pura AKMIL Magelang.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Kapolsek Grabag mengatakan upacara pengambilan air suci ini merupakan kegiatan keagamaan. Rangkaian dalam rangka memperingati hari raya Nyepi bagi umat Hindu.

“Agar dapat berjalan dengan aman dan lancar kami Kepolisian khususnya Polsek Grabag yang mempunyai wilayah; harus memastikan bahwa acara ini dapat berlangsung aman. Untuk itu kami bersama anggota dan dibantu personil internal jamaah melakukan pengamanan”, ungkapnya. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!